1
Tips

Rencanakan Liburan Menyenangkan Bersama Keluarga dengan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu cara menghilangkan penat adalah dengan berlibur. Bagi Anda yang telah berkeluarga, berlibur bersama keluarga bisa menjadi momen liburan yang ditunggu-tunggu. Melihat seluruh anggota keluarga tersenyum menikmati destinasi wisata yang seru dan indah menjadi kebahagiaan tersendiri.

Liburan bersama keluarga bukan tidak mungkin menemui kendala. Mulai dari penginapan yang tidak cocok, hingga mood anak yang tidak bisa ditebak. Agar liburan bersama keluarga lancar, perhatikan hal-hal di bawah ini.

Rencanakan Penginapan Lebih Awal

Saat berlibur bersama keluarga, mendapatkan penginapan yang aman adalah hal yang sangat penting. Rencanakan penginapan di tempat tujuan jauh-jauh hari, terlebih jika sedang merencanakan liburan di waktu-waktu libur nasional.

Pilihlah hotel yang ramah keluarga. Perhatikan apakah hotel menyediakan sarana-sarana yang dibutuhkan. Misalnya jika ingin menikmati pengalaman berenang di hotel, pastikan apakah hotel memiliki fasilitas berenang yang aman untuk anak-anak. pastikan menu sarapan yang disediakan, apakah sesuai dengan selera anak, dan sebagainya.

Jika ada banyak anggota keluarga yang ikut, menyewa kamar hotel standard bisa menjadi pilihan yang kurang bijak. Menyewa kamar dalam jumlah banyak kurang ekonomis bagi anggaran Anda. Namun hanya menyewa satu kamar akan membuat anggota keluarga yang ikut tidak merasa nyaman. Jika ada dana yang cukup, disarankan menyewa kamar suite atau villa dengan dua kamar atau lebih. Masing-masing anggota keluarga bisa mendapat ruang privasi yang cukup, namun harga yang harus dibayar juga cukup ekonomis dibanding harus menyewa banyak kamar.

Buatlah Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan sebaiknya dibuat terlebih dahulu, apalagi jika berlibur dengan keluarga. Pilihlah aktivitas yang membuat anak-anak senang. Buatlah daftar kegiatan apa saja yang menarik. Baik bagi orang tua, maupun bagi anak-anak. Lokasi mana saja yang akan dikunjungi, dan rumah makan mana yang akan didatangi untuk wisata kuliner.

Walaupun sudah membuat rencana yang matang, bersiaplah dengan perubahan saat hari H. Karena akan selalu ada hal di luar dugaan saat berwisata dengan anak. Akan lebih baik jika kita memiliki rencana cadangan.

Sampaikan Jadwal dan Rencana Liburan kepada Pasangan dan Anak

Pastikan semua orang yang ikut dalam perjalanan liburan keluarga merasa senang dan antusias. Bagikan rencana perjalanan yang telah dibuat, dan ceritakan hal-hal seru yang ada di sana. Akan lebih baik jika ada lokasi wisata yang sesuai dengan selera anak.

webinar umroh.com

Bawa Barang Secukupnya

Sebagai orang tua, terkadang ingin membawa segala keperluan anak saat liburan. Baik hal yang pokok, maupun peralatan untuk berjaga-jaga. Akan tetapi, usahakan untuk membawa barang-barang secukupnya saat liburan. Hindari membawa barang yang terlalu banyak saat berlibur bersama keluarga agar tidak kerepotan saat di perjalanan.

Bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan orang tua dan anak. Misalnya pakaian, obat-obatan, peralatan mandi, kamera, dan perlengkapan pokok lainnya.

Bawa Hiburan dan Bekal untuk Anak

Bawalah mainan atau buku-buku yang bisa menghibur anak saat ia rewel karena bosan. Orang tua juga bisa membawa cemilan favorit anak untuk mencegahnya rewel ketika lapar. Bawalah yang praktis, dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Jika anak sudah bisa membawa tas sendiri, bekali ia dengan tas yang lucu untuk membawa mainan kecilnya atau cemilan favoritnya.

Pastikan Anak Mendapat Tidur yang Berkualitas

Anak-anak yang lelah biasanya sangat mudah rewel. Anak yang rewel saat liburan bisa membuat perjalanan liburan menjadi sedikit terhambat. Karena itu, pastikan mereka mendapat tidur yang cukup. Perhatikan jadwal pelajaran, agar anak-anak mendapat istirahat yang cukup setiba di lokasi, sebelum mulai menjelajah tempat wisata.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.