1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Sering Berwudhu? Ternyata Inilah Beberapa Manfaatnya Bila Ditinjau Secara Medis (Part 1)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Wudhu merupakan suatu aktivitas ibadah yang harus dilakukan oleh seorang beriman untuk mempersiapkan diri ketika hendak shalat. Kegunaan dari wudhu adalah untuk membersihkan tubuh manusia dari hadas kecil.

Meski hukumnya wajib untuk setiap muslim yang hendak melaksanakan ibadah shalat, namun wudhu tidak sekedar bernilai ibadah dan mendatangkan pahala dari Allah SWT, tetapi juga memiliki kegunaan jika dikaji secara medis. Berikut beberapa manfaat wudhu bila ditinjau secara medis:

– Membersihkan Mulut Seseorang dari Kuman yang Menyerang

Salah satu sunnah dari berwudhu adalah kumur-kumur. Kegunaan yang dapat diperoleh seseorang dari berwudhu tepatnya ketika berkumur-kumur adalah dapat membersihkan mulut dari kuman. Dengan berkumur ketika wudhu, maka mulut dapat terbebas dari kuman-kuman yang secara permanen berada di air liur, di atas permukaan gigi dan lidah, serta di seluruh bagian mulut.

Tidak hanya itu, berkumur saat wudhu juga bisa menjaga mulut dari berbagai penyakit gusi dan radangnya, dari kerusakan gigi serta memperkuat otot-otot mulut dan wajah serta melindunginya dari infeksi saluran pernapasan.

Hasil analisa para ilmuan modern telah membuktikan bahwa dengan berkumur dpat menjaga mulut serta tenggorokan dari penyakit radang dan menjaga gusi dari luka. Tentu saja hal ini bisa membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut karena akan menghilangkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi setelah makan.

Selain itu, juga dapat mencegah kerusakan gigi serta memperkuat otot-otot mulut dan wajah serta melindunginya dari infeksi saluran pernapasan. Kegunaan lainnya adalah dapat menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya dan menjadikan jiwa seseorang menjadi tenang.

– Membersihkan Hidung Seseorang dari Kuman yang Bersarang

webinar umroh.com

Salah satu sunnah yang ada dalam wudhu adalah membersihkan hidung dengan air, yang mana hal tersebut ternyata juga memiliki kegunaan secara medis untu membersihkan hidung dari kuman yang ada di dalamnya.

Orang yang senantiasa berwudhu dengan baik, maka hidung mereka akan benar-benar terbebas dari segala kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serta mencegah kuman berpindah atau masuk ke dalam sistem pernapasan.

Berdasarkan hasil penelitian salah satu komite kongres antar Negara-negar Islam di Kairo mengungkapkan bahwa membersihkan hidung sebanyak 5 kali setiap wudhi dapat menjaga kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan, sehingga dapat melindungi organ-organ tubuh dari serangan kuman yang bersarang dalam rongga hidung manusia.

– Membersihkan Wajah dari Noda serta Membuat Kulit Wajah Segar 

Kegunaan medis selanjutnya dari berwudhu adalah dapat membersihkan serta memberikan wajah serta memberikan kesegaran untuk kulit wajah. Hal ini tentu saja diperoleh dengan sering melakukan salah satu rukun wudhu yaitu membasuh wajah.

Dengan membasuh wajah, wajah tersebut akan terbebas dari kuman-kuman dan debu. Tidak sampai disitu saja, kegunaan lain yang akan diperoleh yakni terlindunginya kulit wajah dari infeksi bermacam-macam yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya. Selain itu, berwudhu juga bisa mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit kita untuk bernapas.