Doa Muslim Lifestyle

6 Keutamaan dalam Menjalankan Sholat Sunnah Tasbih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sholat sunnah tasbih mungkin masih terasa asing di telinga beberapa umat muslim yang mendengarkannya, karena tidak semua umat muslim mengamalkan sholat sunnah tersebut dalam kehidupan sehari – hari. Tak jarang jika ada pertanyaan seputar sholat sunnah tasbih, namun banyak dari umat muslim yang sedikit menjawab dengan benar. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita belajar dan menambah ilmu keislaman kita mengenai ibadah sholat sunnah tasbih.

Baca juga: Jumlah Rakaat dalam Sholat Sunnah Tasbih

Umroh.com merangkum, sesuai dengan namanya, sholat sunnah tasbih merupakan sholat yang dilakukan untuk memperbanyak tasbih kita kepada allah SWT menggunakan cara yang khusus yaitu dengan membaca 75 kali kalimat tasbih disetiap rakaatnya. Sholat sunnah tasbih jika dilakukan dengan hati yang bersih dan terlebihnya rutin diamalkan, tentunya akan menjadi salah satu ladang pahala dan juga kebaikan untuk kita yang melakukan sholat sunnah tersebut.

Baca juga: Lihat Jadwal Lengkap Sholat untuk Daerah Anda di Sini

Keutamaan Sholat Sunnah Tasbih

  • Agar kita senantiasa untuk terus berziqir dan bertasbih kepada Allah SWT sang penguasa alam semesta.
  •  Sholat yang kalimatnya paling di pilih oleh Allah SWT, maksudnya yaitu bahwa Allah SWT sangat menyukai bacaan tasbih sehingga dia (kalimat tasbih) menjadikan kalimat yang di pilih oleh Allah SWT. 
6 keutamaan sholat tasbih
source: shutterstock
  • Dapat menjadi timbangan amal di akhirat kelak. Maksudnya yaitu dengan ucapan tasbih dapat memberatkan timbangan amal kita di akhirat kelak nanti, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “Ada dua kalimat yang keduanya ringan di ucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal dan keduanya di sukai oleh ar-Rahman, yaitu : ‘Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahi azhim’. (HR. Bukhari dan HR Muslim). 
  • Setiap insan manusia pasti tak luput dari salah dan dosa. Sholat tasbih diyakini dapat menjadi penghapus dosa-dosa selama hidup di dunia bagi setiap umat muslim meskipun kesalahannya sebanyak buih lautan. Dengan begitu bukan suatu hal yang salah jika kita ingin dosa – dosa kita diampuni oleh Allah swt. Namun ada baiknya untuk selalu rutin melaksanakan sholat tersebut ditambah dengan tidak lagi melakukan hal – hal yang membuat dosa itu sendiri.   
  • Menjadi senjata dalam menghadapi persoalan besar. Setiap manusia yang hidup di bumi ini pasti memiliki masalah, baik itu kecil maupun yang besar bahkan kadang merasa kita tidak mampu menyelesaikannya. Namun dengan sholat sunnah tasbih akan membantu anda dan mempermudah menyelesaikan masalah yang terjadi dan perasaan pun akan jauh lebih tenang. Sesuai dengan riwayat Abu Hurairah bahwa jika Rasulullah SAW menghadapi masalah penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit dan mengucapkan : “Subhanallahil azhim”, jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa maka beliau mengucapkan : “ya hayyu qoyyum” (HR.Tirmidzi). Dan yang perlu kita ingat bahwa setiap kesulitan yang datang pasti selalu ada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT.
  • Dan yang terakhir dapat menghindari kita dari kesedihan dan penyakit berat. Pada zaman sekarang masih ada penyakit yang susah di sembuhkan salah satunya yaitu penyakit stroke hal ini terjadi bisa dari faktor usia sehingga rentan untuk terkena berbagai macam penyakit, dengan menjalankan sholat tasbih dapat menghindari kita dari kesedihan dan juga penyakit berat. Hal tersebut berdasarkan dengan hadist yang di riwayatkan oleh ibnu as-sunni dan juga ahmad, yang berbunyi : “Wahai Rasulullah, ajarkan aku beberapa ucapan atau kalimat yang dengan kalimat itu allah akan memberi manfaat kepadaku, karena umurku sudah tua dan aku merasa lemah dalam melakukan apapun. Rasulullah pun menjawab : “Adapun untuk duniamu, maka setelah engkau selesai sholat subuh, ucapkanlah tasbih sebanyak tiga kali”.
6 keutamaan sholat tasbih
source: shutterstock

Itulah beberapa keutamaan sholat sunnah tasbih. Untuk itu walaupun sholat sunnah tidak wajib di jalankan, akan tetapi sayang sekali jika anda melewatkan kesempatan untuk menjalankannya karena jika kita menjalankan sholat sunnah dengan benar dan penuh keikhlasan mencari ridha Allah SWT, maka insyallah Allah SWT akan memberikan kita pahala dan juga kebaikan lainnya, namun tak hanya itu ilmu tentang agama islam kita pun akan makin bertambah dengan selalu manakala kita selalu mencari tahu tentang ajaran – ajaran islam khususnya sholat sunnah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga: Wajib Dihafal, Ini Doa Sholat Sunnah Tasbih

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini