1
Motivasi

Stop Minder, Jadi Lebih Percaya Diri dengan Langkah-Langkah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Cara seseorang berdiri, menatap, berbicara, ekspresi wajah yang ditunjukkan, dan berjalan memiliki peranan penting dalam membentuk kepercayaan diri kita. Orang lain juga akan melihat kita sesuai dengan bahasa tubuh yang kita sampaikan kepada mereka. Orang lebih memperhatikan bahasa tubuh yang kita tampilkan dibandingkan kata-kata yang kita ucapkan. Misalnya, apakah kamu akan percaya jika seseorang mengatakan “Aku menyayangimu” dengan tatapan mata yang tajam dan wajah yang masam? Tentu kita tidak akan mempercayainya, bukan?

Demikian juga dengan kepercayaan diri. Kepercayaan diri bisa dibentuk dari cara kita menampilkan bahasa tubuh. Agar lebih percaya diri, sangat disarankan untuk menampilkan bahasa tubuh yang positif, seperti di bawah ini.

Bergerak

Gerakan sangat mempengaruhi level kepercayaan diri seseorang, lho. Ketika kita duduk dalam waktu yang lama, energi natural dalam tubuh akan otomatis menurun. Namun ketika kita mulai bangun, berjalan, dan membuat gerakan-gerakan kecil, energi kita akan lebih meningkat dan kita akan merasa lebih segar.

Karena itu, buat gerakan-gerakan agar kita merasa lebih percaya diri. Pastikan gerakan-gerakan yang kita lakukan adalah gerakan yang positif, agar orang lain juga merasakan energi positif dari kita.

Ketika kita bergerak dan menunjukkan bahasa tubuh yang positif, orang lain akan berpikir bahwa kita adalah orang yang percaya diri. Walaupun sebenarnya kita merasakan sedikit rasa rendah diri dalam hati, namun itu semua tertutupi oleh gerakan positif yang kita tunjukan.

Berdiri Tegak dan Berpose

Pastikan tubuh berdiri tegak dengan punggung yang lurus, dengan kepala yang terangkat sejajar. Postur ini bisa membuat kita lebih percaya diri. Ditambah dengan pose-pose yang menunjukkan kekuatan, seperti meletakkan tangan di pinggang, melebarkan kaki, melebarkan bahu, serta menatap dengan percaya diri.

Cobalah melakukan pose tersebut ketika sedang merasa tidak percaya diri. Kamu akan merasakan lonjakan energi yang akan membuatmu lebih percaya diri. Lakukan gerakan atau pose tersebut sebentar saja. Kemudian hadapi orang lain dengan sikap normal.

Selanjutnya, cobalah untuk berdiri, berjalan, dan duduk dengan tegak. Ini akan memberikan kesan percaya diri bagi orang lain, maupun bagi dirimu sendiri.

webinar umroh.com

Tersenyum ramah

Senyum yang ramah dan tulus adalah aksesoris terbaik yang bisa kita kenakan. Seberapa bagus make up yang kita pakai, atau seberapa mahal pakaian yang kita kenakan, tidak akan berarti ketika kita memasang wajah yang masam dan merengut. Orang akan lebih tertarik dengan mereka yang tersenyum ramah dan hangat kepada siapa yang ditemuinya. Senyum yang kita tunjukkan akan memberi kesan bahwa kita adalah orang yang percaya diri, serta menghargai diri sendiri dan menghargai orang lain.

Berpakaian Rapi

Pakaian yang kita kenakan juga memainkan peranan penting terhadap apa yang kita rasakan. Tentu akan berbeda rasanya jika kita mengenakan pakaian yang lusuh, dibanding dengan menggunakan pakaian yang rapi dan formal. Tidak masalah berapa harga pakaian yang kita kenakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah rapinya pakaian yang dikenakan, serta disesuaikan dengan acara yang kita hadiri. Berpakaian rapi bisa membuat orang lain melihat kita sebagai seseorang yang menghargai diri sendiri dan percaya diri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.