play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Hati-hati! Ini 7 Tanda Kiamat Besar yang Perlu Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Pada hari kiamat, berakhirlah seluruh kehidupan di bumi dan manusia yang telah mati akan dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban. Lalu bagaimana tanda-tanda kiamat besar yang wajib diketahui.

Tim umroh.com memaparkan, saat kiamat besar terjadi, kelak orang-orang beriman lebih dulu dimatikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tidak ada lagi orang beriman di muka bumi. Hanya ada orang-orang kafir yang ingkar kepada Allah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Kiamat tidak akan terjadi kecuali kepada manusia paling buruk” (HR. Muslim). 

Baca juga: Bikin Merinding! Ini Sederet Dalil tentang Hari Kiamat

Waktu terjadinya kiamat hanya Allah yang mengetahui. Dalam surat Al Aʽraf ayat 187 Allah berfirman, “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia’”. 

Tetapi ada tanda-tanda kiamat besar yang dibocorkan. Rasulullah bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya, yaitu kabut, Dajjal, binatang melata (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana (gerhana di timur, gerhana di barat, gerhana di jazirah Arab), dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka”. 

Tanda-tanda Kiamat Besar

1. Muncul Asap atau Kabut 

Akan datang asap atau kabut yang menyiksa manusia. Tanda ini tercantum dalam surat Adh Dukhan ayat 11. Allah berfirman, “Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata. Yang meliputi manusia, inilah siksa yang pedih”. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Dajjal Muncul ke Muka Bumi

Umroh.com merangkum, mendekati hari kiamat, Dajjal akan muncul dari daerah sekitar Syam atau Iraq. Dajjal merupakan makhluk yang mengerikan. Dia digambarkan bermata satu (mata kanannya buta), perawakan tinggi besar, dan ada tulisan kafir di dahinya dimana hanya bisa dilihat oleh orang-orang beriman. Saat itu Dajjal akan memiliki banyak pengikut. Dan mayoritas adalah wanita serta orang Yahudi.

Rasulullah bersabda, “Di antara kejadian Adam hingga Hari Kiamat, (tidak ada) sesuatu kejadian yang lebih besar daripada Dajjal. Dia akan keluar diantara Syam dan Iraq dan akan membuat kerusakan ke kanan dan ke kiri. Wahai hamba Allah teguhlah kalian”. 

Para Sahabat pun bertanya, “Wahai Rasulullah, berapa lama ia tinggal di bumi?” Beliau bersabda, “Empat puluh hari; sehari seperti satu tahun, sehari seperti satu bulan, sehari seperti satu Jum’at, dan hari-hari lainnya seperti hari-hari (biasa) kalian”. (HR. Muslim)

Kemunculan Dajjal membawa beberapa kerusakan di muka bumi, hingga dunia terasa kacau dan banyak manusia putus asa dengan hidupnya.

3. Munculnya Binatang-Binatang Melata 

Ketika hari kiamat telah dekat, akan muncul binatang-binatang melata dari Mekah. Mereka akan menandai manusia-manusia yang hidup di bumi. Orang beriman ditandai di bagian wajah sehingga tampak bersinar. Sementara orang kafir ditandai di bagian hidung. 

4. Matahari Terbit dari Barat 

Jika biasanya matahari terbit dari timur, maka pada hari kiamat kelak matahari akan muncul dari ufuk barat. Saat itu manusia tidak bisa lagi bertaubat atas dosa-dosanya.  

Rasulullah bersabda, “Tidak akan terjadi Hari Kiamat hingga matahari terbit dari barat. Ketika (manusia) menyaksikan matahari terbit dari barat, (maka) semua manusia akan beriman. Pada hari tersebut tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau ia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya” (HR. Bukhari). 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

5. Nabi Isa Turun ke Bumi

Kekuasaan Dajjal tidak bertahan lama, dan Allah akan mengutus Nabi Isa turun ke bumi pada waktu yang telah ditentukan. Kelak, Nabi Isa yang membunuh Dajjal. 

6. Bangkitnya Ya’juj dan Ma’juj 

Ya’juj dan Ma’juj adalah sekelompok manusia keturunan Adam yang hidup terkurung oleh benteng besar yang dibangun oleh Nabi Zulkarnain. Kisah tentang Ya’juj dan Ma’juj ini tercantum dalam surat Al Kahfi. Di surat itu diceritakan bahwa Zulkarnain membuat benteng yang terbuat dari logam atau besi dan tidak dapat ditembus atau dilubangi hingga tiba waktunya kelak. 

Rasulullah juga pernah menuturkan kisah tentang Ya’juj dan Ma’juj, bahwa mereka terus berusaha untuk keluar dengan melubangi dinding tersebut setiap hari. Allah akan senantiasa mengembalikan bentuk dinding, sehingga mereka tidak bisa menembusnya. Ketika Ya’juj dan Ma’juj keuar kelak, manusia akan lari dan menghindari mereka. Ya’juj dan Ma’juj disebut memiliki kemampuan merusak yang luar biasa. 

Rasulullah bersabda, “(Ya’juj dan Ma’juj) melubanginya setiap hari hingga ketika mereka hampir saja melubanginya, maka (pemimpin) di antara mereka berkata, “Kembalilah, kalian akan (kembali) melubanginya besok.” Kemudian Allah mengembalikannya kokoh seperti semula hingga ketika telah tiba waktunya dan Allah berkehendak untuk mengutus mereka kepada manusia, maka (pemimpin) mereka berkata, “Kembalilah, kalian akan (kembali) melubanginya besok, insya Allah (jika Allah menghendaki).” Ia mengucapkan istitsna (insya Allah). Maka keesokan harinya mereka kembali dan mendapati dinding tersebut dalam tetap keadaan seperti ketika mereka tinggalkan. Akhirnya mereka dapat melubanginya dan keluar di tengah-tengah manusia, lalu mereka meminum air dan manusia lari dari mereka” (HR. Tirmidzi). 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Munculnya Api yang Besar 

Di hari kiamat, akan muncul api dari wilayah sekitar Yaman. Api ini akan membuat manusia berkelompok dan tergiring menuju Syam. Dahulu, Rasulullah bercerita tentang hari kiamat dan salah satu tandanya adalah muncul api. Ibnu Umar lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apa yang engkau perintahkan kepada kami?”. Rasulullah menjawab, “Hendaklah kalian berkumpul di Syam” (HR. Ahmad).

Facebook Comments