1
Kesehatan

Daun Sirsak Direbus Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Meski tanaman sirsak sendiri berasal dari Karibia, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan, namun buah sirsak sendiri dapat dengan sangat mudah ditemui di Indonesia. Buah sirsak sendiri termasuk salah satu buah yang cukup menjadi favorit banyak orang. Hal ini disebabkan karena rasa daging buah sirsak memang cukup manis dan asam menyegarkan. Selain itu, daging buahnya banyak mengandung serat. Dimana setiap 100 g daging sirsak mengandung sekitar 3.3 g serat yang dapat memenuhi 13% kebutuhan serat setiap hari. Selain mengandung serat, pada buah sirsak juga terdapat banyak karbohidrat terutama fruktosa, dan juga mengandung vitamin C, B1, dan B2. Dan satu hal yang harus diketahui, selain buahnya, daun sirsak yang sudah direbus juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ulasannya:

Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mengobati penyakit kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat penyebaran sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini disebabkan karena acetogenin yang ada pada daun sirsak mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dan memiliki kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin. Selain sel kanker, actogenin juga menghambat pertumbuhan sel tumor yang bersifat melawan terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak pada penderita kanker, kita hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Ketika merebus, tunggu hingga semua daunnya larut dalam air dan hanya tersisa airnya saja. Air rebusan daun sirsak ini bisa diminum baik dalam keadaan hangat dan juga dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak dapat cepat dirasakan.

Mengobati asam urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, tetapi daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Beberapa kandungan zat yang terdapat pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak bagi penderita asam urat, caranya sama persis dengan yang dilakukan untuk penderita kanker, dimana kita hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak dengan merebus 10 lembar daun sirsak, namun pilihlah daun sirsak yang agak tua, dan kemudian mencampurnya dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga semua daunnya larut dan hanya tersisa airnya saja. Sama juga dengan yang ditujukan kepada penderita penyakit kanker, daun sirsak yang ditujukan untuk penderita asam urat juga bisa diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Minum setiap pagi agar khasiat daun sirsak dapat cepat dirasakan.

Menambah kesuburan

Pada beberapa kasus, terbukti juga jika daun sirsak dapat menambah produksi jumlah sperma pada pria dan pada wanita pun dipercaya dapat memperkuat rahim.

Menghilangkan kutu

Meski daun sirsak sangat bermanfaat bagi manusia, namun secara menakjubkan justru sangat beracun bagi serangga atau parasit. Oleh sebab itu daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambut.

Dari berbagai sumber dan refrensi, diketahui bahwa bukan hanya buah sirsak yang banyak mengandung manfaat, melainkan daun sirsak ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara meminum air rebusan daunnya yang mengandung acetogenin. Acetogenin sendiri adalah kumpulan senyawa aktif yang dapat melakukan aktivitas sitotoksik untuk membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) yang merupakan energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan menghancurkan ATP di dinding mitokondria. Karena itulah daun sirsak memiliki beberapa untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:

webinar umroh.com

Mengobati kista ovarium

Hal ini tentu saja hanya berlaku bagi kaum wanita. Kista ovarium atau lazim juga disebut dengan tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera ditangani, kista dapat berkembang hingga akhirnya menjadi kanker. Oleh sebab itulah kita dapat menggunakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, kita hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya juga sama yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak, namun kali ini sebaiknya begitu dipetik langsung segera direbus dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga hanya tersisa airnya saja. Dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi supaya manfaat daun sirsak dapat cepat dirasakan.

Mengobati kolesterol

Bagi siapa saja yang mempunyai kolesterol tinggi, kita bisa mengatasi atau mengobatinya dengan memanfaatkan daun sirsak juga. Untuk merasakan khasiat daun sirsak bagi penderita kolesterol, kita cukup hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, namun untuk penderita kolesterol juga disarankan untuk memilih yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga semua daun larut dan hanya tersisa airnya saja. Dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar khasiat daun sirsak juga cepat dirasakan.

Mengobati diabetes

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat membuat jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadi stabil dan normal. Hal ini disebabkan karena daun sirsak kaya mengandung antioksidan yang tinggi dimana di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berfungsi untuk menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh kita kapan pun juga.

Mengobati penyakit paru-paru

Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering.