1
Motivasi

Tidak Mau Disebut Lemot? Lakukan 9 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kepintaran merupakan hal yang penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Bukan hanya anak sekolah saja yang wajib pintar, namun kita juga dituntut pintar. Kita harus bisa memproses informasi, berpikir, menggunakan memori, fokus, dan mampu memecahkan masalah untuk menghadapi tantangan di kehidupan sehari-hari. Tentu kita tidak mau dianggap menjadi orang yang lemot, bukan?

Untuk mencegah agar tidak lemot, kita harus melakukan sesuatu untuk melatih otak. Ini cara agar kita menjadi lebih pintar.

Mengamati

Lakukan pengamatan atau observasi terhadap hal-hal yang ada di sekeliling kita. Rajin mengamati bisa menjadi cara untuk melatih otak kita.

Mengamati berbeda dengan melihat. Saat mengamati, otak akan memproses informasi lebih dalam. Coba sesekali, berhentilah sejenak dari kesibukan untuk mengamati hal-hal yang ada di sekelilingmu.

Belajar

Jangan pernah berhenti belajar. Belajar bukan hanya tugas seseorang yang duduk di bangku sekolah atau kuliah. Belajar merupakan proses panjang selama kita masih hidup di dunia. Untuk melatih otak, cobalah mempelajari berbagai baru hal yang membuatmu tertarik. Misalnya keahlian baru atau bahasa baru.

Mendengarkan

Sama seperti mengamati, mendengarkan juga membutuhkan proses yang lebih mendalam di dalam otak. Bukan hanya menerima informasi suara yang masuk lewat telinga, saat mendengar proses penyerapan informasi yang membuat kita lebih memahami sesuatu. Kita bisa melatih kemampuan mendengar dengan mendengarkan cerita orang-orang sekitar, hingga mendengarkan ceramah atau kisah-kisah para tokoh.

Melakukan Percobaan

Melakukan percobaan, berarti mencoba keluar dari zona nyaman dengan melakukan hal-hal yang baru. Baik itu gaya hidup maupun aktivitas.

Cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang kiranya bisa meningkatkan kualitas hidup kita. Ini akan membuat pikiran kita jadi lebih tajam.

webinar umroh.com

Mengembangkan Rasa Ingin Tahu

Ketika ada informasi yang kita terima, cobalah untuk tidak sekedar menerimanya. Galilah informasi lebih lanjut, sehingga kita bisa memahami persoalan lebih dalam. Kebiasaan untuk mencari tahu ini bisa membuat pikiran menjadi lebih tajam dan membuka pikiranmu.

Berbicara

Bukan hanya mendengarkan yang bisa melatih kepintaran kita. Mengekspresikan diri dengan bicara juga bisa melatih otak agar lebih pintar. Carilah forum yang kamu sukai, lalu sampaikan ide dan pikiranmu kepada orang-orang lewat diskusi yang kamu lakukan.

Olahraga

Olahraga yang dimaksud disini bukan hanya olahraga fisik, namun juga olahraga pikiran. Usahakan untuk membuat jadwal berolahraga setiap harinya, dan lakukan permainan yang bisa melatih otak, misalnya teka-teki, puzzle, dan sebagainya.

Bermeditasi

Meditasi menjadi salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. Umat muslim memiliki meditasinya sendiri yaitu shalat. Saat shalat, cobalah fokus kepada bacaan shalat, sehingga kita bisa mencapai ketenangan pikiran. Pikiran yang rileks dan tenang akan lebih mudah fokus dan memiliki performa yang bagus.

Menganalisa Kemungkinan

Dari semua hal yang kita ketahui, cobalah untuk mencari kemungkinannya berubah menjadi sesuatu yang di luar dugaan. Misalnya dengan sebuah kotak kayu bisa berkembang menjadi apa? Kebiasaan ini bisa melatih kita berpikir ‘out of the box’, dan menemukan jawaban yang lebih segar dan kreatif.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.