1
Motivasi

Tidak Perlu Mewah, Ini Cara Membahagiakan Orang Lain

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebuah riwayat menceritakan, bahwa ada orang yang memiliki banyak sekali dosa, tetapi Allah kemudian menghapus dosa-dosanya. Rasulullah kemudian bertanya kepada Malaikat Jibril, “Apa yang menyebabkan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?”. Malaikat Jibril kemudian menjawab bahwa Allah menghapus dosanya karena ia menyenangkan putranya dengan memberikan buah tangan ketika pulang dari berpergian.

Ibnu Abbas r.a menuturkan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya amal yang paling disukai Allah SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain”.

Ada banyak cara menggembirakan orang lain. Beberapa cara membahagiakan orang lain bisa dilakukan dengan cara berikut,

Menunjukkan Wajah yang Gembira

Wajah yang berseri-seri dan penuh senyum akan membuat orang lain bahagia. Mereka yang selalu berusaha menunjukkan wajah yang gembira sebenarnya telah memberikan energi positif bagi orang-orang yang ada disekelilingnya.

Menyampaikan Perkataan yang Menyenangkan

Satu lagi cara mudah menggembirakan orang orang lain, yaitu dengan menyampaikan perkataan yang menyenangkan. Suatu hari, Abu Musa r.a. bertanya kepada Rasulullah, “Yaa Rasulullah, orang muslim seperti apa yang paling utama?”. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Muslim yang paling utama adalah seorang muslim di mana orang-orang muslim (lainnya) selamat dari keburukan mulut dan tangannya”.

Perkataan menyenangkan banyak bentuknya. Bisa berupa memuji dengan tulus, menanyakan kabar, membicarakan kebaikan orang lain, memberi motivasi dan nasihat dengan cara yang baik, dan sebagainya.

Memberikan Hadiah

Kebanyakan orang akan menyukai hadiah. Hadiah yang diberikan bisa membuat hati orang lain gembira, dan ini akan bernilai pahala di sisi Allah. Rasulullah juga pernah bersabda, “Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian saling mencintai”.

Berilah hadiah kepada orang-orang yang ada di sekelilingmu. Baik itu orang tua, saudara, suami-istri, anak, sahabat, tetangga, dan sebagainya. Hadiah tidak harus mahal. Barang-barang sederhana juga bisa memberikan kebahagiaan.

webinar umroh.com

Memberi Bantuan

Setiap orang pasti pernah ditimpa kesusahan. Mereka yang kesusahan pasti mengetahui bagaimana rasanya jika ada orang lain yang membantu, serta berusaha meringankan beban yang sedang dihadapi. Tentu bahagia sekali, karena beban yang dialami bisa sedikit / banyak berkurang. Karena itu, jangan remehkan besar-kecilnya, selagi kita mampu, bahagiakan orang lain dengan meringankan bebannya.

Berbagi Ilmu

Ilmu merupakan hal yang bermanfaat bagi kehidupan. Baik itu ilmu agama maupun keterampilan lainnya. Dengan ilmu, hidup seseorang menjadi lebih cerah. Berikan ilmu kepada siapa saja yang membutuhkan.

Menghormati Hak-Hak Orang Lain

Setiap manusia yang hidup memiliki hak masing-masing. Cukup dengan menghormati hak orang lain sebagai manusia, kita sudah bisa membahagiakan mereka. Misalnya hak mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok, hak untuk beribadah, hak untuk memperoleh kehidupan yang layak, hak untuk diperlakukan dengan baik, dan sebagainya.

Menjenguk Orang yang Sakit

Menjenguk orang yang sakit juga menjadi cara sederhana untuk membahagiakan orang lain. Mereka yang sakit akan merasa terhibur dan bersemangat ketika ada seseorang yang menjenguk dan memberi dukungan secara langsung.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.