1
Serba-serbi Ramadhan

Tips Lebaran Hemat Agar Kantong Tidak Jebol

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tips lebaran hemat menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh umat muslim karena boros adalah temannya setan. Hari lebaran memang hari yang dinanti-nanti banyak orang yang telah menjalani puasa selama satu bulan penuh.

Pada saat lebaran kita akan bertemu dengan keluarga dan kerabat tercinta kita. Lebaran membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai dari persiapan tiket untuk mudik, membeli pakaian lebaran sampai memberikan uang THR untuk sanak sodara.

Tips Hemat Saat Lebaran

Meski demikian, jangan sampai kalap dengan menghambur-hamburkan uang ya. Berikut tips hemat saat lebaran!

1. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Bagi beberapa orang, tips hemat saat lebaran ini sangat membantu. Jangan ragu untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting saat Lebaran. Tips hemat saat lebaran ini sangat berguna karena memaksa anda untuk introspeksi diri dan memotong banyak hal yang ternyata tidak terlalu penting.

2. Pilih transportasi terbaik dan murah

Mungkin beberapa orang mudah menentukan transportasi yang nyaman dan murah untuk mudik ke kampung halaman yang jaraknya tidak begitu jauh. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang mudik ke daerah yang jaraknya jauh dan membutuhkan waktu lama?

Baca juga : Amalan Di Bulan Jumadil Akhir dan Peristiwa Penting di Dalamnya

Jelas, pesawat terbang adalah pilihan terbaik. Yang pasti tips hemat saat lebaran ini sangat berguna untuk mereka. Agar pengeluaran naik pesawat tak jebol, pilihlah maskapai dengan harga tiket paling murah. Anda hanya perlu rajin memantau harga tiket yang dijual oleh para situs pemesanan tiket online.

3. Menabung

Tips hemat saat lebaran berikutnya adalah untuk mulai menabung untuk persiapan Lebaran Anda tahun depan. Sedikitnya, sisihkan 10% gaji Anda setiap bulan untuk tabungan Lebaran tahun depan agar budget Anda tidak terlalu dibatasi.

webinar umroh.com

4. Pantau promo tiket murah

Umroh.com merangkum, memantau promo tiket pesawat atau kereta api murah merupakan tips hemat saat lebaran yang sangat berguna. Jika sudah menemukan harga yang murah jangan ragu untuk membeli tiket tersebut, jadi ada baiknya anda mengikuti tips hemat saat lebaran ini.

5. Susun rencana jauh-jauh hari

Tips hemat saat lebaran berikutnya adalah dengan menyusun rencana jauh hari sebelum lebaran. Susunlah rencana pengeluaran dan anggaran dengan cermat. Siapkan juga dana untuk kejadian yang tak terduga sehingga tidak mengganggu uang tabunganmu.

6. Siapkan THR

THR biasa diberikan kepada anak dari saudara atau kerabat kita pada saat lebaran. Agar tetap hemat dalam lebaran siapkan dahulu THR dengan jumlah yang kita inginkan. Gunakan amplop lucu untuk memberikan uang THR sehingga menarik perhatian anak-anak.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

7. Hemat selama puasa

Tips hemat saat lebaran yang terakhir adalah dengan berhemat selama puasa, dengan hemat selama bulan puasa anda akan memiliki dana lebih saat lebaran. Cara hemat selama berpuasa dapat dilakukan dengan cara memasak sendiri menu sahur dan berbuka puasa.

Dan bisa juga dengan membatasi ajakan buka puasa bersama degan teman-teman yang bisa saja menambah pengeluaran selama puasa berlangsung.

8. Jangan Tergiur Diskon

Menjelang lebaran biasanya ada banyak barang dan produk yang didiskon secara besar-besaran. Usahakan agar tidak mudah tergiur dengan diskon tersebut.

Sebaiknya membeli lah segala sesuatu secukupnya. Ketika menghadapi diskon besar, usahakan untuk lebih bijak dan teliti dalam belanja. Jangan membeli barang yang tidak terlalu diperlukan hanya karena tawaran diskon.

9. Jangan Sering ke Pusat Perbelanjaan

tips hemat lebaran

Sekadar jalan-jalan atau mengungjungi pusat perbelanjaan memang menyenangkan. Namun ingat, kegiatan seperti itu juga membutuhkan uang yang akhirnya menuntut Anda untuk melakukan pengeluaran.

Kunjungi mal atau pusat perbelanjaan seperlunya saja. Tinggal di rumah justru atau menghabiskan waktu di tempat ibadah akan membuat Anda lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan. 

10. Jangan lupa sedekah

Untuk sedekah dan infak, kamu bisa mengalokasikan dana 2,5 % dari penghasilanmu. Infak dan sedekah ini tinggal kamu pilih ingin disalurkan via yayasan atau langsung bagikan kepada mereka yang membutuhkan di sekitarmu. Jika gajimu Rp2 juta, maka 2,5 % adalah Rp50 ribu.

Sementara itu jika ingin dilebihkan, bisa saja sesuai dengan kemampuan dan keikhlasanmu, misalnya jadi Rp100 ribu atau lebih. Meskipun hemat, untuk urusan yang satu ini jangan sampai terlewat ya. Biar penghasilanmu semakin berkah!

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah tips lebaran hemat agar pengeluaran tidak jebol. Semoga artikel ini bermanfaat buatmu ya!