1
Serba-serbi Ramadhan

Wajib Diingat! Ini Kumpulan Doa Menyambut Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi umat Islam, ada bulan istimewa yang selalu dinanti, yaitu bulan Ramadhan. Bulan dimana berkah dari Allah melimpah bagi seluruh umat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kumpulan doa menyambut ramadhan.

Selain menjadi saat diwajibkannya berpuasa, bulan Ramadhan juga menjadi bulan diturunkannya Al Quran. Karena itu, kita dianjurkan untuk menyambutnya dengan gembira. Sebagaimana firman Allah yang artinya, “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu (Al Quran) dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.  Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS.Yunus: 57-58).

Baca juga: Yuk Berburu Pahala! Ini Sunnah Puasa Ramadhan

Berbagai kemuliaan bulan Ramadhan membuat banyak ulama mengekspresikan kegembiraannya lewat doa-doa yang indah. Doa-doa itu kini kita kenal sebagai doa menyambut Ramadhan. Walaupun sebenarnya tidak ada doa khusus menyambut Ramadhan yang diajarkan Rasulullah, namun kita bisa mempraktekkan doa-doa berikut untuk menyambut Ramadhan.

Allah akan selalu mengabulkan doa manusia, sehingga tidak ada salahnya kita memohon kebaikan dan keberkahan di bulan Ramadhan, sebagaimana yang diajarkan di bawah ini.

Kumpulan Doa Menyambut Ramadhan

1. Doa Menyambut Ramadhan di Bulan Rajab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’ban, waballighnaa romadhoona

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Dan jumpakanlah kami kepada bulan Ramadhan.”

webinar umroh.com

Doa tersebut banyak diriwayatkan para ulama, seperti Abdullah (anak dari Imam Ahmad), At Tabai, Al Baihaqi, dan Abu Nu’aim. Mereka menuliskan doa tersebut dalam kitab-kitab yang ditulisnya. Diyakini bahwa doa tersebut merupakan riwayat yang bersumber dari jalur Zaidah bin Abi Ruqad. Ia berkata bahwa Ziyad an Numairi mengabarkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah melantunkan doa tersebut ketika memasuki bulan Rajab.

Tetapi para ulama menyebut bahwa Zaidah bin Abi Ruqad merupakan perawi yang lemah dan tidak bisa dijadikan hujjah. Dengan demikian, doa tersebut berasal dari hadis yang sanadnya lemah, sehingga tidak bisa dikatakan bersumber dari Rasulullah.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Walaupun sanadnya lemah, namun isi doa tersebut mengandung kebaikan dan bisa kita praktekan sebagai doa menyambut Ramadhan. Hanya saja kita harus menyebut secara hati-hati jika mengatakan bahwa ini adalah doa yang diajarkan atau sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

2. Doa Memohon Dipertemukan dengan Ramadhan

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimnii liaa romadhoona wasallim lii romadhoona watasallamhu minni mutaqobbalaa

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Doa tersebut merupakan doa yang biasa dilantunkan para ulama. Mereka adalah orang-orang yang berharap segera dipertemukan dengan Ramadhan, sehingga biasa melantunkan doa itu enam bulan sebelumnya, bahkan enam bulan setelahnya.

Semangat para ulama tersebut bisa kita tiru, dan doa ini bisa kita praktekkan untuk menyambut Ramadhan. Di dalam doa itu, ada permintaan untuk mempertemukan kita dengan Ramadhan, sekaligus memohon agar Allah menerima amal di bulan Ramadhan.

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, umroh juga menjadikan Anda tamu Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Doa Melihat Hilal

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillahu ‘alaynaa bilyumni wal iimaani wassalaamati wal islaami robbii wa robbukallahu

Artinya: “Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (bulan) adalah Allah.”

Diriwayatkan Imam Tirmidzi, Thalhah bin Ubaidillah menuturkan bahwa “Sesungguhnya Rasulullah ketika telah melihat hilal Ramadhan, beliau berdoa: “Allahumma ahillahu ‘alaynaa bilyumni wal iimaani wassalaamati wal islaami robbii wa robbukallah” (Ya Allah, jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Doa tersebut sejatinya bukan doa menyambut bulan Ramadhan, melainkan doa saat melihat hilal di setiap bulan. Doa ini bisa kita lantunkan untuk memohon kebaikan di setiap bulan yang akan kita lalui, termasuk bulan Ramadhan.

Keutamaan Doa Menyambut Ramadhan

Melantunkan doa menyambut Ramadhan menandakan kita merasa gembira dengan karunia dari Allah tersebut. Sejatinya, dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang mulia (di mana amal kebaikan dilipatgandakan balasannya) adalah karunia Allah yang sangat besar. Bulan Ramadhan sebaiknya kita manfaatkan untuk beribadah dengan ikhlas, sehingga Allah memberikan ridha-Nya kepada kita.

Para ulama menilai justru orang yang merasa biasa saja ketika menyambut Ramadhan, bisa jadi akan luput dari keberkahan yang ada di dalam bulan tersebut. Padahal, segala kebaikan yang ada di dalam bulan Ramadhan bisa menjadi jalan untuk memudahkan kita menuju surga. Para ulama juga heran jika ada umat Islam yang tidak gembira dengan datangnya bulan Ramadhan, padahal saat itu pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Kegembiraan dalam menyambut Ramadhan itu bisa kita ekspresikan lewat doa. Dengan doa tersebut, semoga Allah berkenan memudahkan kita untuk beramal sholeh dan beribadah di bulan Ramadhan, serta menerima seluruh amal kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.