play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Ini Hal Menarik di Eminonu, Pemukiman Tertua di Istanbul

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Negara Turki merupakan salah satu detinasi wisata yang menjadi favorit banyak orang di seluruh penjuru dunia. Bisa dibilang kalau negara Turki adalah negara yang syarat dengan berbagai cerita dan kisah sejarahnya, terutama dalam kebudayaan Islam. Banyak sekali awal mula peradaban dunia yang terjadi dan bermula dari Turki. Jangan dilewatkan, ada salah satu kota tertua di Istanbul yakni Eminonu yang wajib dikunjungi. Berikut fakta eminonu yang bisa dicatat!

Kota Istanbul di Turki pun memiliki kisah tersendiri yang cukup mencengangkan. Apalagi bagi umat beragama Islam, kita mempercayai apa yang telah disabda oleh Nabi Muhammad SAW:

“Kota Konstantinoel akan jatuh ke tangan Islam, dan pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang dibawah kepemimpinannya pun adalah sebaik-baik pasukan” (HR Ahmad bin Hanbal Al Musnad).

Baca juga: 10 Oleh-oleh Turki yang Unik dan Menarik

Fakta Menarik Tentang Eminonu dan Turki

Umroh.com merangkum, terdapat beberapa fakta menarik bagi Turki yang cukup menjadi sorotan dunia. Seperti penulis fenomenal dunia bernama Agatha Christie, dan masih banyak lagi fakta menarik yang menjadikan alasan utama Istanbul Turki sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

1. Istanbul Kota Dua Benua

Turki merupakan satu-satunya kota di dunia yang terletak diantara dua benua yakni Benua Eropa dan Benua Asia. Kota tersebut sempat menjadi rebutan pada masanya karena letaknya yang sangat strategis.

Istanbul Turki juga pernah menjadi ibukota dari empat kekaisaran, dimana setiap kekaisaran mempunyai ciri khas tersendiri dan beragam peninggalan sejarah dari tiap-tiap kekaisaran tersebut. Peninggalan-peninggalan itulah yang kini menjadi kekuatan utama dan daya tarikkota Istanbul di Turki.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Meski pernah menjadi ibukota dari empat kekaisaran, namun pada kenyataannya saat ini Istanbul bukanlah ibu kota Turki. Ibu kota yang sesungguhnya sekarang adalah Ankara. Walapun saat ini Istanbul bukan ibu kota Turki, tapi Istanbul adalah kota terluas yang ada di Turki dan mempunyai 13 juta penduduk, dimana hampir sebagian besar 99% adalah umat beragama Islam.

2. Distrik Eminonu

Eminonu atau Eminönü adalah sebuah bekas distrik di Istanbul, Turki yang sekarang menjadi sebuah wilayah dari distrik Fatih. Distrik tersebut merupakan jantung dari kota yang berdinding Konstantinus hingga membuat distrik tersebut kaya akan sejarah.

Eminönü meliputi wilayah di mana Bizantium kuno dibangun dan Jembatan Galata melintasi Tanduk Emas menuju Eminönü dan mulut Bosphorus terbuka ke Laut Marmara. Di atas bukit tersebut berdiri Istana Topkapi, Masjid Biru (Sultanahmet Camii) dan Hagia Sophia (Aya Sofya).

Selain itu, Eminönü merupakan tempat tujuan wisatawan utama di Istanbul. Distrik tersebut menjadi bagian dari distrik Fatih sampai 1928, ketika distrik tersebut melingkupi seluruh wilayah semenanjung (Stamboul lama) pada tembok kota Romawi -wilayah tersebut awalnya merupakan ibu kota Bizantium Konstantinopel.

Sejak jumlah penduduk Eminönü menurun, saat ini distrik tersebut digabung kembali ke distrik Fatih pada 2009.

3. Seven Hill Constantinople

Constantinople adalah nama Istanbul sebelum jatuh pada kekaisaran Ottoman, tepatnya pada masa kekaisaran Romawi. Tujuh bukit tersebut semuanya terletak didalam dinding Constantinople. Di era Ottoman ataupun sebelumnya pada era Byzantium, setiap bukit ditandai dengan adanya bangunan keagamaan yang monumental (masjid-masjid dibawah kekaisaran Ottoman dan gereja-gereja di bawah kekaisaran Byzantium). Tercatat di Istanbul Turki terdapat 3.113 Masjid.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umrohnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Bunga Tulip

Bunga Tulip yang merupakan simbol negara Belanda ternyata berasal dari Tulip Turki Istanbul yang dikirimkan ke Belanda. Pada bulan April, Istanbul akan dipenuhi Tulip. Terdapat sebuah taman yang bernama Taman Emirgan dimana pada Festival Tulip, taman tersebut penuh dengan berbagai warna dan rangkaian Tulip.

5. Kota Istanbul Dikelilingi oleh Lautan

Lautan yang mengelilingi Istanbul dibelah oleh Selat Bosphorus, sekaligus memilah teritori Benua Eropa dan Benua Asia. Dan kedua benua tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan di Istanbul Turki yang juga diberi nama jembatan Bosphorus. Karena perbatasan antara Asia dan Eropa, salju sering turun di Istanbul Turki.

6. Istanbul Terkenal dengan Kuliner Laut

Di sepanjang laut Marmara terdapat tidak kurang dari 50 rumah makan dengan menu hidangan ikan, tepatnya di daerah Kumkapi.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

7. Bandara International Ataturk di Istanbul Turki adalah bandara terbaik di Eropa

Bandara International Ataturk adalah kota tersibuk di Eropa dalam lalu lintas transportasi udaranya. Lalu Turkish Airlines yang merupakan maskapai nasional Turki telah mendapatkan predikat Best Airlines In Europe selama lima tahun berturut-turut. Di Bandara International Ataturk terdapat CIP VIP yang ternyata adalah lounge terbaik di dunia.

Facebook Comments

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.