1
Serba-serbi Ramadhan

Wajib Tahu! Inilah Manfaat Silaturahmi Bagi Kita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.comSelain mementingkan hubungan dengan Allah, kita juga harus memperhatikan hubungan dengan sesama manusia. Utamanya kepada kerabat sedarah. Konsep silaturahmi dalam islam menekankan agar kita selalu menjaga hubungan dengan kerabat yang masih memiliki hubungan darah. Lalu apakah manfaat silaturahmi bagi kita? Mari simak penjelasannya di artikel kali ini.

Sebelumnya, kita harus mengetahui bahaya memutus tali silaturahmi. Di dalam Al Quran, Allah berfirman, “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan Allah tulikan telinga mereka dan Allah butakan penglihatan mereka.” (QS.Muhammad: 22-23)

Silaturahmi yang tidak terjaga atau sengaja diputus akan membuat seseorang terhalang masuk surga. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Cara Mendapatkan Manfaat Silaturahmi

Melihat bahaya dan kerugian yang akan kita terima jika memutus silaturahmi, maka kita harus menyediakan diri untuk bersilaturahmi. Silaturahmi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Terlebih dengan kemudahan teknologi komunikasi saat ini. Kita bisa lebih mudah melakukan silaturahmi. Jika memungkinkan, kita bisa mengunjungi keluarga di kediamannya, serta memberi hadiah.

Baca juga: Selain Silaturahmi, I’tikaf Juga Perlu Dilakukan, Apa Pengertiannya?

Namun melakukan silaturahmi bisa jadi bukan hal yang mudah. Seseorang bisa terhalang akibat kesibukannya, atau keterbatasan materi. Karena itu Allah telah menyediakan balasan terbaik bagi mereka yang mau melakukannya.

Membantu keluarga dan menumbuhkan semangat persaudaraan juga merupakan bentuk silaturahmi. Misalnya membantu saat ada keluarga yang kesulitan, memberi doa, tidak menambah beban, memberi bantuan tenaga ketika kerabat menyelenggarakan acara, serta memberi bantuan materi.

Mengucapkan kalimat yang baik, serta pesan-pesan positif juga bisa menjadi cara bersilaturahmi. Diantaranya menghubungi mereka, menanyakan kabar, dan memberi nasihat dengan kalimat yang baik.

webinar umroh.com

Islam juga mengajarkan bahwa keluarga dan kerabat terdekat berhak menerima dakwah kebaikan kita. Jangan sampai kita sering berdakwah kepada orang lain, namun lupa kepada keluarga sendiri. Sebagaimana firman Allah, “Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.” (QS.Asy Syu’ara: 214)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Manfaat Silaturahmi

1. Semakin Dekat dengan Allah

Umroh.com merangkum, manfaat silaturahim bukan hanya akan terasa di antara hubungan sesama manusia, namun juga pada hubungan dengan Allah. Kesediaan menyambung silaturahmi menunjukkan ketulusan kita sebagai bukti taqwa kepada Allah. Kita mengetahui pentingnya silaturahmi, dan karena Allah yang memerintahkan maka kita melaksanakannya.

Silaturahmi menjadi salah satu bentuk ibadah yang akan mendekatkan diri kita kepada Allah. Allah selalu menyertai dan memberi rahmat kepada orang-orang yang mau menyambung silaturahmi. Sebaliknya, mereka yang sengaja memutus silaturahmi juga akan terputus dari rahmat Allah.

Mendapat rahmat Allah, berarti mendapat kebaikan di dunia maupun akhirat. Inilah yang seharusnya menjadi niat seseorang ketika bersilaturahmi. Dengan begitu, ia tidak terpaku dan mengharapkan balasan dari orang yang mendapat kebaikan darinya saat bersilaturahmi. Orang beriman tahu, sebaik-baik balasan hanya datang dari Allah.

Rasulullah bersabda, “Allah berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (HR.Ahmad).

2. Melembutkan Hati

Menyediakan waktu dan tenaga untuk menyambung silaturahmi juga bisa menjadi cara untuk melembutkan hati. Dengan mengunjungi keluarga dan kerabat, kita akan merasakan hati menjadi lebih hangat ketika kita saling bertukar cerita atau bertukar kabar. Silaturahmi yang diiringi dengan kalimat-kalimat yang lembut dan menyenangkan akan membuat hubungan menjadi lebih hangat.

Apalagi jika kita bisa memberikan bantuan jika mengetahui kerabat yang tengah kesulitan. Tindakan ini bisa melembutkan hati, sekaligus menambah pahala dan mendatangkan ridha dari Allah.

Sebaliknya, orang yang tidak berusaha menjaga silaturahmi lambat laun hatinya akan dingin, bahkan mati. Ia tidak mudah berempati, sehingga jika tidak mudah tergerak untuk membantu kerabat yang kesulitan. Mengabaikan perintah Allah (untuk bersilaturahmi) bisa jadi akan membuat hatinya tidak lagi mendapat hidayah dari Allah untuk menyambung silaturahmi.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Memperoleh Cinta yang Besar

Orang yang mau menyambung silaturahmi akan mendapat cinta dari keluarganya. Silaturahmi yang diiringi dengan kebaikan hati akan membuat siapa saja merasa nyaman dan senang. Manfaat silaturahmi ini juga ditegaskan Rasulullah.

Beliau bersabda, “Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya” (HR.Bukhari).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.