play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Selain Jabal Rahmah, Ini Tempat Wukuf yang Perlu Dicoba

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Padang Arafah ini terteletak sebelah timur kota Makkah, Arab Saudi. Padang Arafah adalah suatu tempat untuk melakukan wukuf bagi jamaah yang berhaji. Wukuf dilaksanakan hanya pada satu hari (siang hari) saja. Cara pelaksanaan ibadah wukuf ini dengan berdiam diri sambil berdoa dan berdzikir. Lebih dari dua juta jamaah haji  dari berbagai pelosok dunia selalu berkumpul tiap tahunnya melaksanakan wukuf selama musim haji.

Umroh.com merangkum, tempat wukuf tepatnya di atas bukit yang bernama Jabal Rahmah. Jabal itu berartikan gunung sedangkan rahmah bermakna kasih sayang. Jabal Rahmah merupakan saksi bisu pertemuan nabi Allah Adam as dan istrinya Hawa setelah mereka berpisah sesaat turun dari surga.

Baca juga: Kepanasan saat Di Mekkah? Ini Tips untuk Menghadapinya

Hadist soal Wukuf

Hal ini terekam didalam Al-Qur’an surah Al A’rof ayat 19 – 22 yang artinya sebagai berikut:

“Dan Allah berfirman: Hai Adam, tinggallah kamu dan istrimu di dalam surga ini serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, maka pastilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim”.

“Lalu syetan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)”.

Mau mendapatkan kesempatan untuk pergi umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini, InshaAllah Baitullah menanti Anda!

“Dan dia (syetan) bersumpah kepada keduanya. “Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua. Maka syetan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya”.

Selain Jabal Rahmah, Ini Tempat Wukuf yang Perlu Dicoba

“Tatkala keduanya telah merasai (buah ) dari pohon tersebut itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”. (QS: Al-A’raf Ayat: 19 – 22)

Nabi Adam AS konon diturunkan di negeri India, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Irak. Setelah keduanya bertaubat untuk memohon ampun, akhirnya atas izin Allah SWT mereka dipertemukan di bukit ini. Selama perjalanan saling mencari satu sama lain Nabi Adam AS terus bertaubat dan berdo’a kepada Allah SWT.

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah juga merupakan tempat wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad saw tatkala melakukan wukuf. Nabi Muhammad saw juga menerima wahyu terakhir ketika melakukan wukuf di tempat ini. Wahyu inipun saat itu langsung disampaikan oleh beliau dalam khutbah perpisahan dihadapan para sahabat dan umat yang sedang melaksanakan wukuf saat itu. Para sahabat dan umat yang hadir saat itu merasa sedih karena dari isinya menyiratkan seolah sudah tiba waktunya mereka akan berpisah dan kehilangan Rasululloh saw untuk selamanya. Dan memang benar terjadi tak berapa lama kemudian Rasululloh benar-benar dipanggil kembali menghadap kehadirat Allah SWT.

Perjalanan haji menuju Arafah menandai perjalanan untuk mencairkan kebekuan hati, karena di Arafah semua jamaah haji menjadi orang terbuka atas dosa-dosa yang selama ini disembunyikan. Di hadapan Allah SWT, setiap jamaah haji harus jujur bermohon agar semua peristiwa masa lalu terkubur dan kini ingin membuka lembaran kehidupan baru, lembaran ketakwaan.

Punya rencana untuk pergi umroh bersama keluarga? Cuma di umroh.com, Anda bisa mewujudkannya dan tak khawatir soal harga!

Melalui momentum perenungan walau sejenak secara akseleratif seluruh perjalanan hidup dapat terbaca, yang baikkah atau yang burukkah. Seringkali manusia sulit mengajak hati untuk mampu berdialog dengan diri, karena tertutupi hawa nafsu dan kemauan nafsu syaithaniyah. Akan tetapi semua orang saat wukuf di Arafah kebekuan hawa nafsu itu bisa mencair dengan mudah karena rahmat Allah SWT.

Makna Wukuf

Selain itu, wukuf di Arafah mengingatkan betapa sulitnya kehidupan akherat tanpa iman dan amal saleh. Wukuf selayaknya menyadarkan bahwa hidup di dunia adalah sementara. Perjalan panjang hidup manusia berakhir di surga atau neraka. Kedua tempat tersebut menjadi hunian terakhir di alam akherat. Karenanya, kehidupan akherat harus dipersiapkan.

Itulah makna perenungan wukuf haji di padang Arafah. Latihan mengenal jati diri lewat media wukuf di Arafah harus bisa mengantarkan jamaah haji pada perubahan sikap dan perilaku, setiap saat mengenai makna hidup.

Selain Jabal Rahmah, Ini Tempat Wukuf yang Perlu Dicoba

Coba sesekali kita merenungkan profesi kita, merenungkan sikap kita terhadap bawahan, merenungkan sikap kita terhadap hak-hak orang lain terutama kaum lemah. Benarkah kita telah menjadi pelayan masyarakat yang baik, atau kita hanya bekerja mencari upah, bahkan memeras darah orang-orang lengah. 

Betapa banyak hak orang lain terabaikan, betapa banyak hak rakyat tersembunyikan. Perenungan semodel di atas, sangat penting untuk mengukur kembali apakah benar kita telah melaksanakan wukuf di Arafah.

Baca juga: Inilah Keutamaan-keutamaan Umroh yang Wajib Dipahami

Dengan itu mengingatkan kita generasi sekarang yang hidup di seperlima abad ke-21 ini dalam millennium ke-3 bahwa hidup bernafsi-nafsi bukanlah asli sifat atau fitrah manusia. Satu sama lainnya saling butuh dalam mengarungi lautan kehidupan ini. Terkadang ombaknya tinggi, angin sangat kencang, membuat oleng kapal kehidupan. Dihempaskan ke kiri dan ke kanan. Kadang menurun, kadang meninggi. Kadang terperosok di pusaran air. Kadang tersandung di batu karang. Harap harap cemas. Namun dengan semangat kesatuan dan kesetiakawanan serta persaudaraan dan saling cinta kasih, memudahkan menghadapi tantangan hidup.

Inilah pentingnya peristiwa Arafah dengan ibadah wukuf sebagai rukun haji yang tidak boleh tidak harus dilakukan oleh mereka yang ingin menyempurnakan keislamannya. Wallahu a’lam.

Facebook Comments