Parenting Tips

10 Langkah Mendidik Anak Laki-Laki Sesuai Ajaran Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Anak merupakan anugerah terindah yang Allah SWT titipkan untuk kita asuh dan didik sejak dini. Kehadiran anak akan membawa rezeki dan keberkahan yang luar biasa. Pola asuh orang tualah yang nantinya dapat menjadikan masa depan anak menjadi lebih baik. Doa dan usaha orang tua dapat mengantarkan anak menuju kesuksesan. Orang tua perlu membimbing dan memperkuat karakter anak sesuai kodrat masing-masing. Anak laki-laki dan perempuan mempunyai keistimewaan baik fisik maupun psikis. Mendidik anak laki-laki sedikit berbeda dengan cara mendidik perempuan. 

Baca juga: Ini Adab Orang Tua kepada Anaknya

Islam sebagai agama paling sempurna tentu saja sangat memerhatikan cara mendidik anak laki laki dan perempuan dengan tujuan sebagai panji-panji agama demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Contoh nyatanya jelas Rasulullah SAW sebagai panutan utama. Bagaimana Beliau dididik dan mendidik adalah kunci utama yang harus juga kita terapkan dalam pendidikan anak.

10 langkah mendidik anak laki-laki sesuai ajaran islam
source: freepik.com

Pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi para calon orang tua yang menginginkan anaknya lelakinya menjadi anak yang bermanfaat untuk banyak pihak. Dibawah ini cara mendidik anak laki-laki sesuai dengan Rasulullah, sebagai berikut:

1. Mengajarkan anak untuk menjadi pemimpin

Seorang anak laki-laki pastilah kelak akan menjadi pemimpin untuk keluarganya, salah satu tips menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan menjadi imam yang baik bagi keluarganya. Merawat keluarga agar tidak terjadi pertengkaran dalam rumah tangga itu, sehingga keluarga akan menjadi tetap harmonis.

Baca juga: Ajak Anak Anda ke Mekkah Bersama dengan Memilih Promo Paket Umroh di Sini

Allah berfirman dalam QS. An-Nisaa’: 34 

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita).” 

Sejak usia dini sebaiknya orang tua selalu menanamkan jiwa kepemimpinan bagi anak laki-lakinya. Dengan begitu, anak akan memahami perannya sebagai laki-laki dan tumbuh sikap tegas maupun mandiri sesuai tempatnya. Orang tua dapat menceritakan kisah teladan dalam Islam sehingga anak akan merasa dekat dengan tokoh-tokoh didalamnya. Orang tua bisa memilih kisah teladan Nabi dan sahabatnya yang dapat memberikan keteladanan. Hal ini akan mendorongnya untuk memiliki akhlak seperti idolanya yang biasa diceritakan. Melatih anak untuk gemar olahraga juga dapat menumbuhkan kepemimpinan dan kemandirian. Olahraga sunah Rasulullah yaitu berenang, memanah, dan berkuda.

Baca juga: Baca Al Quran dan Terjemahannya untuk Mengisi Waktu dengan Anak Anda di Sini

2. Mendidik anak laki-laki agar menjadi pria yang bertanggung jawab

Rasa tanggung jawab harus ditanamkan sejak dini agar anak laki-laki bisa memahami kewjaiban dan kodratnya sebagai lelaki yang mampu memberikan kebahagiaan terhadap keluarganya kelak. Dengan sikap tanggung jawab akan dapat dipercaya orang lain untuk memimpin atau menaungi lembaga kemasyarakatan.

3. Menanamkan tauhid dan aqidah yang kuat

Orang tua berkewajiban untuk mengajarkan anak tentang siapa dirinya dan siapa Tuhannya. Penanaman dasar aqidah juga sebaiknya dimulai sejak dini. Pengetahuan tentang rukun Islam, rukun iman, dan beribadah atas dasar kecintaan dan ketaatan kepada Allah sangat penting. Diriwayatkan oleh an-Nasa-i dalam ‘Isyratun Nisaa’ dan Ibnu Hibban dari Shahabat Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, 

Sesungguhnya Allah akan bertanya kepada setiap pemimpin tentang apa yang dipimpinnya. Apakah ia pelihara ataukah ia sia-siakan, hingga seseorang ditanya tentang keluarganya.”

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Ahmad).

4. Mendidik anak dengan Al Quran

Yang terpenting adalah dapat mendidik anaknya apalagi anak lelaki dengan Al Quran, karena dengan memahami dan mengerti akan isi makna dan kandungan Al Quran akan membuat seorang anak menjadi anak yang sholeh, sehingga akan membuat anak itu dapat menjaga diri dan hatinya sampai kelak nanti ada orang wanita yang sudah pantas untuknya. Jangan sampai anak laki-laki terjebak pada hal-hal yang buruk, apalagi sampai pada pergaulan bebas. Karena dapat dilihat bahwa anak laki-laki untuk pergaulan lebih mudah terpengharuh.

Baca juga: Tips Ibadah Umroh bersama Anak

5. Menanamkan kebiasaan bersyukur

Salah satu cara mendidik anak laki laki agar senantiasa lembut hati dan bersahaja adalah dengan menanamkan kebiasaan bersyukur atas karunia Allah sejak dini. Kenalkan anak-anak kita kepada Allah dan segala pemberian-Nya yang tidak akan pernah bisa kita balas.

Selain dengan mengucap Alhamdulilah, mengajak dan membiasakan anak shalat malam adalah salah satu cara menanamkan kebiasaan bersyukur pada anak. Selain akan terbangun disiplin dan kebiasaan yang baik, secara perlahan anak akan semakin menganggap penting hakikat shalat malam.

6. Mengajarkan anak untuk berbakti kepada orang tua

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengajarkan kepada anak-anaknya tentang keutamaan berbakti kepada orang tua. Sebab Anak durhaka dalam islam adalah perbuatan dosa besar.

Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha: “Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih mirip dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam cara bicara maupun duduk daripada Fathimah.” ‘Aisyah berkata lagi, “Biasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Fathimah datang, beliau mengucapkan selamat datang padanya, lalu berdiri menyambutnya dan menciumnya, kemudian beliau menggamit tangannya hingga beliau dudukkan Fathimah di tempat duduk beliau. Begitu pula apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang padanya, maka Fathimah mengucapkan selamat datang pada beliau, kemudian berdiri menyambutnya, menggandeng tangannya, lalu menciumnya.” (Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani).

10 langkah mendidik anak laki-laki sesuai ajaran islam
source: freepik.com

7. Mendidik anak dengan akhlak mulia

Kebaikan seseorang dinilai dari 2 hal yakni agama dan akhlaknya. Sedangkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang akhlaknya paling baik di muka bumi ini. Beliau diutus untuk memperbaiki perilaku manusia. Dan maka itu, beliau selalu mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anaknya, tentang akhlak Dalam Islam,cara meningkatkan akhlak, hubungan akhlak dengan iman dalam islam , serta hubungan akhlak dengan iman islam dan ihsan. 

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.

8. Mengajarkan cara berpakaian yang sesuai syariat agama

Bagi anak perempuan, Rasul juga memberikan pendidikan tentang bagaimana menjadi muslimah yang baik dengan cara berpakaian secara islami. Yakni mengenakan pakaian longgar dan berjilbab syar’i.

“Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh merek. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Ahzab:59).

Diriwayatkan dari Aisyah ra: bahwa Asma’ binti Abi Bakar menemui Rasulullah SAW dengan kondisi ia berpakaian pendek, aka berpalinglah Rasulullah SAW seraya berkata, “Wahai Asma’, sesungguhnya wanita, apabila telah baligh, tidak pantas terlihat kecuali ini dan ini (beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya).” (HR. Abu Daud)

9. Ajarkan anak untuk mandiri

Mengajarkan anak untuk mandiri adalah cara efektif untuk membimbing seorang anak laki-laki agar mampu mandiri pula dalam bekerja kelak. Jangan sampai anak selalu membanggakan harta orang tuanya hingga kelak ketika istri tidak mengetahui tips mengatur keuangan rumah tangga anak laki-laki yang sudah dididik mandiri itu akan dapat mengatasi hal itu semua jadi tetap dapat mengetahui cara mempertahankan hubungan dalam kehidupan kelak.

Baca juga: Perlengkapan Umroh Anak yang Perlu Disiapkan

10. Berikan anak laki-laki tantangan

Untuk melatih keberanian pada anak, jangan lupa untuk memberi hal-hal yang menantang pada anak itu agar ia juga terlatih mandiri. Agar anak laki-laki tangguh bisa menjalankan kehidupannya tanpa bantuan orang tua atau pun orang lain.

Demikian cara mendidik anak laki-laki sesuai dengan ajaran agama Islam. Semoga kita bisa mendidik anak menuju jannah Allah SWT.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini