play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Motivasi Muslim Lifestyle

Ini 4 Inspirasi Cara Beramal Jariyah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Amal jariyah adalah perbuatan baik yang tidak akan putus pahalanya selama masih bermanfaat bagi orang lain. Amal jariyah bisa menjadi salah satu bekal yang meringankan kita di alam kubur.

Walaupun kita tak lagi hidup dan beramal di dunia, pahala dari amal jariyah bisa tetap mengalir untuk kita. Ternyata amal jariyah tidak harus bersedekah dalam jumlah yang banyak dan mahal. Kita juga bisa memiliki amal jariyah dengan bersedekah lewat cara di bawah ini.

Ini Amal Jariyah Bisa Jadi Inspirasi

1. Menghadiahkan Al Quran

Al Quran merupakan kitab yang berisi kalam Allah. Di dalamnya terdapat petunjuk-petunjuk dari Allah agar kita memiliki kehidupan yang baik di dunia dan akhirat. Membaca Al Quran adalah amal yang sangat dicintai Allah dan memiliki nilai pahala yang sangat besar.

Membaca satu huruf di Al Quran merupakan satu kebaikan yang nilainya sama dengan sepuluh kali pahala. Bayangkan berapa pahala yang akan didapat saat membaca beberapa ayat.

Menyedekahkan Al Quran pastinya akan menjadi amal jariyah yang sangat baik untuk kita. Berikan hadiah Al Quran kepada seseorang atau masjid. Saat orang lain membacanya, Insya Allah kita juga mendapat pahala yang sama.

Baca Juga: Anda Bisa Menyumbangkan Al Quran di Masjid-masjid Saat Umroh

2. Membangun Masjid

Setiap sholat lima waktu, masjid pasti akan diisi oleh orang-orang yang beribadah untuk shalat berjamaah. Selain itu, masjid juga sering dipakai untuk membaca dan mempelajari Al Quran. Masyarakat di sekitar masjid biasanya mengadakan pengajian dan kegiatan positif lainnya.

Karena itu, berpartisipasi dalam pembangunan masjid akan membawa banyak pahala bagi kita. Apalagi jika masjid tersebut selalu digunakan atau dimanfaatkan oleh masyarakat, bahkan setelah kita wafat.

Kita tidak harus menanggung seluruh biaya pembangunan masjid. Kita bisa ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan uang untuk pembangunan, menyumbang bahan material, atau kita juga bisa menyumbangkan tenaga jika memungkinkan.

3. Menyumbangkan Kursi Roda

Mempermudah hajat seseorang adalah sesuatu yang mulia di mata Allah. Jika ada seorang yang terbantu dengan amal kita, tentunya akan menjadi nilai pahala. Terlebih jika yang kita bantu adalah orang-orang sakit yang memang sangat membutuhkan bantuan. Kita bisa beramal membantu orang yang sakit dengan menyumbangkan kursi roda.

Kursi roda bisa kita sumbangkan lewat Rumah Sakit atau langsung kepada Lembaga yang membutuhkan. Kursi roda adalah alat yang penting bagi pasien atau orang yang sedang sakit.

Dengan kursi roda, orang yang sakit tidak perlu memaksakan diri untuk berjalan dengan tubuh yang lemah. Kursi roda yang disumbangkan akan sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka.

Baca Juga: Pergi Umroh Jangan Lupa Membawa Oleh-oleh

4. Menanam Pohon

Pohon memiliki banyak manfaat bagi orang lain dan binatang. Pohon bisa menjadi tempat berteduh dari terik sinar matahari, serta memberikan rumah bagi para binatang. Apalagi jika pohon yang kita tanam memiliki buah yang bisa dinikmati oleh orang banyak dan para binantang.

Jika kita ingin mendapat banyak pahala jariyah, tanamlah pohon yang kelak bisa menaungi dari terik matahari, sekaligus memberikan buah-buahan yang bisa mengenyangkan orang dan binatang.

Ketika ada yang menggunakan pohon yang kita tanam untuk berteduh atau mencari makanan, tentunya kita akan mendapatkan pahala dari kebaikan tersebut.

Facebook Comments