play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Haji

Oleh-oleh yang Bisa Dibawa Sepulang Haji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Haji merupakan salah satu ibadah sunnah bagi umat muslim. Selain untuk beribadah dan menguatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, menjalankan ibadah haji akan diberi pengampunan dan mampu mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Saat menjalankan ibadah haji meskipun dari awal keberangkatan sudah yakin dan mantap diniatkan dalam hati untuk beribadah. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan ketika haji adalah membelikan oleh-oleh haji untuk sanak saudara.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi oleh-oleh apa saja yang bisa anda beli tanpa menguras habis kantong.

Ini Oleh-oleh yang bisa dibawa sepulang haji

1. Sajadah

Sajadah merupakan oleh-oleh khas Arab yang memiliki motif beragam dan bernuansa islami yang pastinya berguna untuk dipakai beribadah dan keluarga atau teman yang menerimanya pun akan senang.

2. Souvenir

Souvenir menarik seperti gambar ka’bah dan masjid nabawi mrupakan hadiah populer yang dibeli setiap jamaah yang akan kembali ke tanah air.

Baca Juga:Persiapan Sebelum Ibadah Haji

3. Air zam-zam

Pulang haji tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang air zam-zam. Air zam-zam memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Air zam-zam ini hanya ada di mekkah, oleh karena itu air zamzam menjadi oleh-oleh yang tidak bisa dilupakan dan sangat wajib dibawa pulang.

4. Kosmetik arab

Kosmetik di Arab sangat unik dan pastinya layak juga untuk di koleksi, terutama bagi kaum hawa.. ada berbagai macam kosmetik Arab yang biasa dibawa pulang sebagai oleh-leh diantaranya parfum, lipstick,  kutek / pacar Arab yang merupakan oleh-oleh yang paling sering di beli jamaah. Kenapa harus kosmetik ? karena selain murah, jamaah juga tidak perlu bingung mengemasnya karena ukuran kosmetik yang kecil dan tak memerlukan banyak ruang.

5. Kurma

Pulang haji tanpa membawa kurma arab rasanya tidak lengkap, karena kurma sudah menjadi ikon oleh-oleh yang tidak bisa dilupakan untuk dibagikan nanti dengan sanak saudara dirumah. Kurma sendiri ada berbagai macam, ada kurma basah, kurma kering atau kurma muda. Jenis nya juga beragam, ada kurma lulu, kurma ajwa, dan kurma nabi. Anda bisa membeli sesuai dengan budget yang dimiliki karena setiap kurma di bandrol dengan harga yang berbeda beda.

Baca Juga: Ini Bagian Penting Ka’bah Wajib Diketahui

6. Mukena

Bagi anda yang ingin memberikan oleh-oleh kepada keluarga perempuan mukena Arab bisa menjadi pilihan yang cocok karena motif dan bahan nya yang unik serta beragam yang tentunya memiliki nilai yang berbeda bagi penerimanya.

7. Peci

Jika keluarga perempuan anda hadiahi mukena, untuk laki-laki anda bisa memberikan peci sebagai pilihan. Peci sangat berguna karena sering dipakai untuk beribadah ataupun kegiatan keagamaan lainnya.

8. Kacang arab

Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok dihidangkan pada kerabat atau tetangga yang berkunjung kerumah saat pulang haji, karena kacang Arab memiliki rasa yang gurih, renyah, dan ada juga manisnya. Cocok sekali untuk orang Indonesia dan bermanfaat terutama untuk ibu hamil.

Baca Juga:Perbedaan Haji Plus dengan Haji Reguler

9. Tasbih

Tasbih juga merupakan oleh-oleh yang tak luput dari ingatan. Tasbih sangat berguna bagi anda yang akan melakukan dzikir ataupun berdoa setiap selesai shalat.

10. Kismis

Berbeda dengan warna kismis yang suka kita konsumsi atau beli di pasaran Indonesia. Kismis Arab berwarna kuning keemasan dan rasanya sangat manis sekali. Selain enak, kismis Arab juga memiliki segudang manfaat diantaranya yaitu untuk melawan radikal bebas, membantu bebas dari sembelit dan mencegah anemia.

Facebook Comments