1
Muslim Lifestyle

Amalan Istimewa, Ternyata Ini 6 Keutamaan Zuhud!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebuah amalan hati yang akan memudahkan kehidupan adalah zuhud. Keutamaan zuhud ada banyak, jika dikupas lebih dalam. Berikut adalah penjelasan tentang keutamaan zuhud yang dirangkum oleh umroh.com.

Keutamaan Zuhud

1. Dicintai Allah dan Manusia

Sikap zuhud seseorang akan membuahkan kecintaan dari Allah dan dari manusia. Rasulullah menjelaskan hal tersebut dalam hadist berikut:

Dari Sahl bin Sa’ad As Sa’idi, ia berkata ada seseorang yang mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan lantas berkata, “Wahai Rasulullah, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang apabila aku melakukannya, maka Allah akan mencintaiku dan begitu pula manusia.”

Rasulullah bersabda, “Zuhudlah pada dunia, Allah akan mencintaimu. Zuhudlah pada apa yang ada di sisi manusia, manusia pun akan mencintaimu.” (HR.Ibnu Majah).

Baca juga: Mau Doa Mustajab Selalu Terkabul? Rutinkan 10 Doa Ini!

2. Dimudahkan Urusannya

Umroh.com merangkum, keutamaan zuhud lainnya berupa kemudahan dalam menjalankan hidup. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kemiskinan / tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya.

Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)“ (HR.Ibnu Majah, Ahmad, Ad Darimi, Ibnu Hibban).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Dari hadis ini, kita bisa belajar bahwa ambisi terhadap dunia justru akan membuat kita kesulitan dalam menjalani hidup. Jika kita terlalu terpaku pada dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusan kita, dan membuat kita menjadi manusia yang tidak pernah cukup.

webinar umroh.com

Sebaliknya, perhatian terhadap akhirat justru akan membuat Allah memudahkan urusan dalam kehidupan. Bahkan, Allah akan membuat dunia datang padanya dengan mudah. Allah juga akan membuat hatinya merasa cukup, sehingga kehidupannya terasa lebih tenang.

3. Memperoleh Rezeki Tanpa Bersusah Payah

Dari hadis tersebut juga, kita bisa memahami bahwa rizki yang diinginkan oleh seorang manusia akan dibuat mudah, jika seseorang memiliki sikap zuhud dalam dirinya. Tidak ada yang sulit bagi Allah, termasuk mendatangkan rizki dengan mudah dan dari arah yang tidak disangka-sangka.

Sebaliknya, orang yang terlalu berambisi pada dunia akan selalu dibuat gelisah oleh Allah. Allah yang menggenggam hati manusia, dan rizki kita ada di tangan-Nya. Tidak sulit bagi Allah yang Maha Membolak-Balikkan hati, untuk meniupkan rasa gelisah yang tak ada habisnya. Allah juga akan membuat ia merasa susah dan payah dalam mencari rizki, jika perhatian kita hanya tertuju pada dunia.

4. Terlepas dari Penderitaan

Orang yang zuhud adalah mereka yang tidak lagi memiliki hasrat terhadap dunia. Sikap zuhud akan membuatnya bebas dari penderitaan yang akan menimpa orang yang terlalu cinta dunia.

Seorang ulama besar, Ibnu Qayyim al Jauziyyah, menjelaskan bahwa ada tiga macam penderitaan yang akan menimpa orang-orang yang terlalu cinta dunia, yaitu kekalutan pikiran yang selalu menyertai, kepayahan yang tiada henti, dan penyesalan yang tidak ada akirnya.

Penyebab penderitaan tersebut adalah karena nafsu terhadap dunia yang tidak ada habisnya. Ia tidak pernah merasa puas, dan merasa harus selalu mengejar dunia agar bisa diperolehnya dalam genggaman.

Tak hanya melancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Mendapatkan Kekayaan yang Sejati

Keutamaan zuhud selanjutnya adalah menjadikan seseorang mendapatkan kekayaan yang sesungguhnya. Sejatinya, bukan harta benda yang membuat seseorang merasa tenang dan merasa kaya, melainkan hati yang kaya.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta benda, tetapi kekayaan (yang hakiki) adalah kekayaan (dalam) jiwa“ (HR.Bukhari dan Muslim).

Kekayaan harta tidak serta merta membuat seseorang bahagia dan tenang, jika tidak disertai dengan kekayaan hati. Orang yang hatinya kaya adalah yang merasa cukup dengan rizki yang Allah berikan. Hatinya merasa tenang, karena ia lebih percaya dengan rizki yang ada di genggaman Allah, dibanding harta yang ada di genggamannya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

6. Meraih Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Orang akan memperoleh keutamaan zuhud berupa kebahagiaan di dunia dan akhirat, karena di dalam hatinya ada iman yang sangat kuat kepada Allah. Orang yang beriman dan mencintai Allah akan mendapat kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Ada banyak janji Allah kepada orang yang beriman, seperti doa yang akan dikabulkan, dipenuhi kebutuhannya, dilindungi dalam kehidupan di dunia dan akhirat, dan sebagainya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.