play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Awas Tertipu! Ini 5 Cara Mengetahui Keaslian Air Zam Zam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Air Zam Zam merupakan air yang dipercayai oleh umat muslim sebagai air yang keluar dari mata air suci. Air ini pun selalu dirindukan para Jemaah haji ataupun umrah di Tanah Suci. Berikut ini akan dijelaskan cara mengetahui keaslian air zam zam agar tak tertipu dengan yang palsu.

Air Zam Zam sendiri berasal dari ucapan Siti Hajar yakni istri dari Nabi Ibrahim AS ketika menemukan air yang berada di bawah kaki putranya yang masih bayi, Ismail. Adapun Zam zam memiliki arti berkumpul atau airnya berkumpul.

Baca juga: Sejarah dan Khasiat Istimewa saat Minum Air Zam Zam

Sejarah Air Zam Zam

Umroh.com merangkum, adapun sejarah air zam zam berawal saat Siti Hajar beserta Ismail ditinggal oleh Nabi Ibrahim di padang yang tandus dan gersang. Ibrahim meneguhkan Siti Hajar bahwa yang ia lakukan adalah atas perintah Allah SWT.

Akhirnya tibalah pada saat bekal yang Siti Hajar bawa habis. Ismail pun mulai kehausan dan menangis. Siti Hajar yang masih menyusui juga kehabisan air susunya karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Ia pun gelisah dan mulai mencari makanan di padang tandus yang kini bernama Makkah.

Siti Hajar pun berlari ke bukit Marwa dengan harapan akan menemukan makanan dan juga minuman. Lalu ia kembali lagi ke bukit Shafa, lalu kembali ke Bukit Marwa. Hingga tak terasa Siti Hajar sudah berlarian sebanyak 7 kali yang kini dinamakan Sa’I sebagai rukun haji yakni berlari kecil diantara bukit Shafa dan Marwa sebanyak 7 kali.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Setelah 7 kali berlarian antara Shafa dan Marwa, Siti Hajar pun melihat ke arah anaknya yang semula menangis namun tiba-tiba terdiam. Dari kaki mungil Ismail keluar air yang melimpah ruah.

Siti Hajar pun berlari menghampiri buah hatinya kegirangan. Lalu Siti Hajar berkata ‘Zam zam (berkumpullah)’. Karena itulah nama mata air ini dinamakan Air Zam zam yang menjadi sumber kehidupan di padang tandus tersebut. Mata air Zam zam pun tidak pernah kering sampai saat ini.

5 Cara Mengetahui Keaslian Air Zam Zam

Namun, belakangan ini kerap beredar air zam zam palsu, sehingga para jamaah yang membeli di Indonesia harus lebih berhati-hati. Lantas, bagaimana ya caranya? Simak 5 cara mengetahui keaslian air zam zam!

1. Lihat penjual dan kemasan airnya

Air Zam zam sebagaimana kita ketahui berasal dari Arab Saudi. Di mana itu berarti, tulisannya pun bertuliskan bahasa Arab. Tak hanya itum kemasan dari kardusnya pun ditempel dengan boarding pass bandara.

Terkadang, penjual ari zam zam palsu juga bersifat hit and run yakni datang entah darimana menawarkan air zam zam, lalu lari begitu saja sehingga kredibilitas tokonya pun tidak jelas.

Umumnya mereka sungkan menjelaskan apabila sang konsumen bertanya sangat mendalam terkait produk yang mereka tawarkan.

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

2. Harga Tidak Wajar

Air Zam zam normalnya berharga sedikit mahal di pasaran yakni untuk 5 liter Air Zam zam berkisar dari 400-500ribu. Sedangkan Air Zam zam palsu biasanya dijual dengan harga yang fantastis murahnya yakni 150-200ribu. Jangan sampai tergiur dengan produk murah tapi palsu ya!

Lalu juga bisa dengan mengocok galonnya. Air Zam zam asli, galonnya tidak akan berbusa.

3. Mencoba rasanya

Air Zam zam sebagaimana diketahui memiliki rasa yang khas, tak seperti air pada umumnya. Diketahui tekstur air zam zam lebih berat dan lebih terasa di tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan pH dan mineral yang ada di dalam air Zam zam.

Selain itu, rasa Air Zam zam juga disebut agak getir sehingga memiliki rasa dan bau yang khas sehingga membuat kita dapat membedakannya.

4. Lihat warna

Air Zam zam yang asli memiliki daya tahan yang luar biasa. Bahkan apabila didiamkan selama 5-10 tahun sekalipun, airnya akan baik-baik saja dan warnanya pun tidak akan berubah.

Hal ini berbeda dengan air zam zam palsu. Airnya akan keruh dalam 1-2bulan. Hmmm.. ngeri banget ya!

5. Cek TDS Airnya

Bagi kamu yang memang penasaran banget dengan keaslian air zam zam, bisa loh menguji keaslian air zam zam dengan menggunakan alat TDS meter. TDS sendiri adalah singkatan dari Total Dissolve Solid, untuk menguji kepadatan zat terlarut. Satuan yang digunakan adalah PPM (part per million).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Air Murni memiliki 1-10 PPM sementara 10-100 PPM adalah Air Minum. Lalu bagi air yang lebih dari 100 PPM berarti air bermineral. Sementara untuk Air Zam zam, kamu akan menemukan angka 500 PPM pada alat TDS meter. Angka tersebut memang sangat tinggi karena Air Zam zam memiliki kandungan mineral yang tinggi. Alat TDS sendiri bisa dibeli di toko-toko online.

Nah, seperti itulah cara mengetahui keaslian air zam zam, semoga kita tidak tertipu lagi ya!

Facebook Comments