1
Kuliner Umroh & Haji Wisata Halal

Kebun Kurma Madinah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Siapa yang tak kenal buah kurma ? buah yang menjadi khas Negara Arab ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan manis. Selain rasanya yang nikmat, buah kurma pun ternyata merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah saw semasa beliau hidup. 

Baca juga: Tak Hanya Kurma, Ini Buah Tangan yang Bisa Dibawa Sepulang Umroh atau Haji

Memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh membuat buah kurma selalu di konsumsi oleh sebagian orang dan  menjadi buah tangan yang paling dicari oleh para jamaah haji dan umroh maupun turis yang sedang berwisata. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi para jamaah haji/umroh di sela-sela menunaikan ibadah adalah kebun kurma yang berada di Madinah. Tahukah anda bahwa Madinah dikenal sebagai penghasil buah kurma terbesar di dunia ? Sehingga sudah dipastikan jika anda berkujung kesini akan ada banyak pohon kurma yang tumbuh di kota ini.

kebun kurma madinah
source: freepik.com

Lokasi perkebunan kurma terletak di dalam kota, tidak begitu jauh dari Masjid Quba yaitu sekitar 5 kilometer sebelah tenggara kota Madinah. Kebun ini konon merupakan sebagian kecil dari peninggalan Abdurrahman bin Auf, sahabat Nabi yang termasuk delapan orang pertama masuk Islam, atau dua hari setelah Abu Bakar.

Baca juga: Begini Cara Mudah untuk Mengungi Kebun Kurma di Madinah

Hamparan pohon kurma yang tinggi menjulang dengan dahan yang besar membuat kota Madinah terasa lebih rindang dan sejuk saat anda berkunjung ke kebun kurma ini. Buah kurma termasuk salah satu tumbuhan yang hanya bisa dipanen setahun sekali. Biasanya pohon kurma mulai bisa dipanen buahnya ketika berusia 7 sampai 10 tahun. Di setiap musim panennya, pohon kurma dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg buah.

kebun kurma madinah
source: freepik.com

Buah Kurma pun mempunyai banyak jenis yang terdiri dari kurma rutanah, halwah, dan ajwa. Kurma yang populer dan dikenal oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah kurma ajwa. Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi karena dulunya ditanam langsung oleh nabi. Warnanya hitam gelap, teksturnya lembut dengan rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis. Merupakan kurma yang paling mahal dengan harganya yang dapat mencapai 80 riyal/kg.

Baca juga: Sambil Mengelilingi Kebun Madinah, Ini Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan

webinar umroh.com

Kurma ajwa terkenal sebagai kurma yang mempunyai banyak khasiat. Berikut hadits nabi tentang kurma ajwa: Man tashabbaha kulla yaumin sab’a tamaraatin ‘ajwatan lam yadhurrahu fii dzalikal yaumi summun walaa sihrun (shohiihul Bukhari). 

“Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu. Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan sunnah memakan buah kurma ajwah di pagi hari.“

kebun kurma madinah
source: freepik.com

Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwa bisa untuk menangkal racun dan sihir. Dalam artian bahwa kurma yang mempunyai berbagai kandungan gizi dan mineral ini dapat menetralisir racun dalam tubuh. Lalu dapat menangkal sihir, karena kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, karena nabi sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan nabi yang memang membawa keberkahan. 

Saat anda memasuki kebun kurma, anda akan merasakan sensasi seperti berada di tengah perkebunan sawit karena struktur pohonnya yang sangat mirip. Agar tetap subur, pohon kurma membutuhkan pengairan yang banyak. Cara merawat agar pohon kurma tetap segar dan hidup yaitu dengan cara mengalirkan air ke kolam tampungan yang terhubung dengan parit-parit. Setiap dua kali sehari, setelah subuh dan magrib, air dialirkan ke parit hingga menggenangi sekitaran pohon. Di waktu tertentu juga dipupuk dengan menggunakan kotoran domba. 

Baca juga: Makanan Berbahan Dasar Kurma yang Bisa Dicoba

Pohon kurma membutuhkan waktu enam bulan dari mulai mengawinkan bunga jantan dan betina hingga panen. Perkawinan bunga biasanya dilakukan manual oleh para pekerja. Sejak kecil buah dibungkus agar tidak rontok dan dibiarkan begitu saja hingga matang. Namun terkadang juga sudah di petik karena sebagian orang menyukai cita rasa dari kurma muda itu sendiri. Dagingnya renyah, seperti menggigit buah jambu air yang masih muda. Rasanya manis ada sedikit sepet. Biasanya orang Arab mengolah kurma muda untuk dijadikan jus dan dicampur madu sebagai minuman stamina. Bagus untuk laki-laki dan perempuan.