play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Setelah Beribadah, yuk Saatnya Mengunjungi Tempat Belanja di Mekkah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Usai beribadah tidak ada salahnya Anda mampir ke tempat belanja di Mekkah. Anda bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ketika di sana, hingga membeli oleh-oleh untuk sanak saudara di Tanah Air.

Arab Saudi memiliki beragam pasar mulai yang modern seperti mall hingga tradisional. Uniknya pasar-pasar di sana lazim dengan orang Indonesia, selain ada beberapa tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di toko, sang pemilik pun kian fasih berbahasa Indonesia untuk mengundang jamaah Tanah Air berbelanja. Bahkan ada toko yang terkenal di jamaah Indonesia karena menerima uang rupiah dalam transaksinya.

Baca Juga: Anda Bisa Memilih Penginapan Terdekat dengan Pusat Perbelanjaan

Jika anda ada di Mekkah, bisa berkunjung ke beberapa tempat berikut

1. Tempat Belanja di Mekkah, Pertama Pasar Zakfariah

Pasar yang satu ini memiliki lokasi strategis, hanya sekitar satu kilometer dari Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Pasar “Borong” atau Pasar Zakfariah termasuk dalam pasar tradisional, namun menjual barang-barang mewah seperti emas, perhiasan, jam tangan premium, handphone dan barang elektronik. Namun, sepert pasar lainnya di Mekkah di sini juga menjual peralatan ibadah.

Sebagian penjual emas dan jam di pasar ini berasal dari “Pasar Seng” yang dulu terletak persis dekat Masjidil Haram. Pasar tersebut tergusur karena adanya peluasan Masjidil Haram.

Uniknya, para pedagangnya rata-rata dapat menggunakan bahasa Indonesia walaupun dengan logat Arab. Mereka belajar bahasa Indonesia dari pembeli, juga dari TKI yang bekerja di beberapa toko. Tawar-menawar juga lazim dilakukan di pasar ini.

Keunikan lainnya ialah jika waktu sholat tiba, para pedagang serentak menutup kios-kios dan lapak mereka. Lalu mereka menggelar karpet untuk alas sholat di lorong-lorong jalan pasar itu.

Pasar Zakfariah disebut juga sebagai pasar “borong” oleh jamaah Indonesia, karena para pembeli yang umumnya jamaah haji banyak yang berbelanja dengan memborong barang sebagai oleh-oleh dan harganya umumnya relatif di bawah harga eceran di pasar lainnya.

2. Pasar Ukaz

Tempat belanja di Mekkah selanjutnya adalah Pasar Ukaz juga terletak di Kota Mekkah. Pasar ini banyak menjual ragam buah buahan, tentu yang paling banyak buah khas Arab yaitu kurma. Selain itu juga ada kismis, dan buah-buah lainnya seperti apel, pisang, anggur, jeruk, dan yang lainnya. Meski harus import, buah buahan tersebut juga cukup terjangkau. 

Dahulu Pasar Ukaz merupakan pusat perdagangan masyarakat Makkah yang selalu ramai. Namun sekarang pasar ini agak sepi pengunjung.

Baca Juga: Tempat-tempat yang Bisa Dikunjungi di Mekkah

Tempat Belanja di Mekkah

3. Zam-zam Tower

Selain Pasar Zakfariah ada satu pusat perbelanjaan juga yang tidak kalah dekat dengan Masjidil Haram, bahkan menempel ke selasarnya. Ialah Zam-zam Tower, sebuah pusat perbelanjaan yang begitu terkenal dengan landmark berupa jam raksasa di puncaknya menjadi salah satu ikon di Mekkah yang berdekatan dengan Ka’bah.

Mall tertinggi di Mekkah ini, berada dalam Abraj Al Bait, sebuah komplek yang diterdiri atas sejumlah bangunan hotel bintang lima yang mewah dan megah di dekat Masjidil Haram.

Di Zam Zam Tower, Anda akan menemukan berbagai toko perhiasan, souvenir, pakaian hingga restoran. Bagi jamaah haji penggemar belanja, Zam Zam Tower menjadi surga, karena di sini dapat ditemukan berbagai produk perhiasan maupun pakaian dari produsen terkemuka di dunia. Sederet restoran cepat saji internasional juga bisa ditemukan di sini. Biasanya jamaah haji memanfaatkannya, ketika menunggu waktu shalat wajib.

Di Zam Zam Tower para pedagang dan pegawai toko umumnya bisa berbahasa Indonesia walau dengan logat Arab juga. Hal ini cukup memudahkan bagi jamaah haji asal Indonesia saat melakukan tawar menawar, meski mall mewah ada beberapa toko yang bisa Anda tawar. Meski suka menawar, para pedagang sangat menyukai jamaah haji Indonesia, karena gemar berbelanja.

4. Pasar Bab Makkah

Meski namanya Pasar Bab Makkah, lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, di salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. Pasar tradisional ini buka setiap pagi dan tutup menjelang shalat Dzuhur. Pasar ini merupakan lokasi favorit untuk memborong oleh-oleh karena selain barang-barang yang dijual lengkap, harganya pun murah dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan lain.

Pasar Bab Makkah dapat dijangkau dengan mobil dari pusat kota, jaraknya hanya 10 menit. Semua harga barang yang dijual di Pasar Bab Makkah terjangkau dan termasuk murah dibandingkan dengan di tempat lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencatat semua kebutuhan Anda sebelum membeli sehingga tidak menguras isi dompet Anda.

Sebagai perbandingan harga, parfum yang dijual di Pasar Bab Makkah misalnya, parfum Ted Lapidus, ukuran 100 ml dijual seharga 50 Riyal atau sekitar Rp150 ribu, padahal di Indonesia biasa dijual di atas Rp500 ribu. Sementara, parfum yang sama dijual di Corniche dengan harga paling murah 60 Riyal. Selain parfum, kurma nabi atau Kurma Ajwa dijual 60 Riyal per kilogram. Harga tersebut lebih murah 25% daripada yang dijual di Madinah dan Makkah yang seharga 80 Riyal. Begitu pula dengan pewarna kuku yang seharga 15 sampai 20 Riyal, surban seharga 10 Riyal.

Baca Juga: Destinasi Wisata di Kota Mekkah

Facebook Comments

I'm the type of person who easy to adjust, cause like to engage in conversation and observe people's characters.