Haji Travel Umroh Umroh & Haji

Wajib Dikunjungi, Ini Fakta Seputar Gua Hira

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke mekkah baik itu untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh atau sekedar berwisata. Tak ada salahnya Anda mengunjungi situs bersejarah di pusat kota mekkah yaitu gua Hira.

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan saat Datang ke Gua Hira

Gua yang hampir setiap hari tak pernah sepi pengunjung para peziarah ini memiliki kisah yang tak kalah penting dalam kebangkitan atau peradaban agama islam. Dalam riwayat disebutkan, pada saat Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun, semakin mendalam-lah hasrat beliau untuk menyendiri guna menjernihkan hati dan pikiran mengingat kondisi kehidupan sosial masyarakatnya yang penuh dengan kejahiliyahan. Beliau pergi mencari tempat yang dianggap tepat untuk ber-tahannuts.

Baca juga: Jadwal Sholat Lengkap di Sini

Umroh.com merangkum, di dalam gua hira lah Nabi Muhammad SAW mengasingkan diri. Beliau melakukan ini semata-mata demi memenuhi kebutuhan rohaninya, kebersihan hati, kelembutan perasaan, kejernihan pikiran serta pandangan.

Hingga suatu malam yang gelap, di malam 17 Ramadan atau sekitar 6 Agustus 610 M, Sang Rasul terbangun dari tidurnya. Beliau terbangun karena mendengar kedatangan sesuatu yang mengejutkan sekaligus membuat dirinya sangat ketakutan. Dialah Jibril yang tiba-tiba sudah berada di hadapan beliau lalu berkata dengan lantangnya menyuruh nabi Muhammad untuk membaca. Namun Nabi Muhammad berkata ia tak pandai membaca, sampai pada akhirnya Jibril pun menuntun Nabi Muhammad untuk membaca surat pertama nya yaitu Al Alaq ayat 1 – 5 yang berbunyi :

Iqro’ bismirobbikalladzii kholaq

(Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan),

Kholaqol insaana min ‘alaq

(Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah)

Iqro’ warobbukal akrom

(Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia)

Alladzii ‘allama bil qolam

(Yang mengajar manusia dengan perantaraan pena)

‘Allamal insaana maa lam ya’lam

(Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya).

Baca juga: Selain Gua Hira, Ini Destinasi Wajib yang Harus Dikunjungi

Bagi Anda yang akan melakukan ziarah ke gua hira, perlu Anda ketahui Gua yang berlokasi dekat dengan mekkah, tepatnya di atas jabal An- Nur ini memiliki lebih dari 1000 anak tangga. Oleh karena itu para peziarah harus memiliki stamina yang cukup baik agar bisa sampai ke dalam gua tersebut. Selain anak tangga yang cukup banyak, medannya yang cukup sulit dan terdapat batu – batu yang terjal membuat para peziarah harus lebih berhati- hati saat berjalan menuju gua. 

Para peziarah tujuan Gua Hira umumnya mendaki dengan memakan waktu kurang lebih sekitar satu sampai dua jam lamanya, tergantung pada kemampuan fisik dan banyaknya jeda istirahat yang dilakukan. Tak mengurungkan semangat meskipun perjalanan ke gua hira ini lumayan sangat ekstrem dengan kemiringan mencapai 60 sampai 70 derajat. Namun  apabila Anda sudah terbiasa melakukan aktivitas fisik atau olahraga tentunya perjalanan ini akan sangat menyenangkan bagi Anda dan waktu yang ditempuh pun bisa lebih singkat dari para peziarah pada umumnya. 

fakta gua hira
source: flickr.com

Sebenarnya melihat medan yang ekstrem dan bahaya yang mengancam, pemerintah Arab Saudi tidak menganjurkan para jamaah untuk mendaki gunung ini.pemeritah setempat pun sudah membuat pengumuman tepatnya di jalan masuk menuju gunung. Imbauan ini ditulis dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia yang berbunyi,

“Saudara kaum Muslim yang berbahagia: Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan kita untuk naik ke atas gunung ini, begitu pula shalat, mengusap batunya, mengikat pohon-pohonnya, dan mengambil tanah, batu, dan pohonnya. Dan kebaikan adalah dengan mengikuti sunah Nabi SAW, maka janganlah Anda menyalahinya.”

Walaupun himbauan tersebut telah terpampang, tak menyurutkan jumlah jamaah yang menuju ke sana. Apalagi, ketika mendekati musim haji seperti saat ini, jumlah jamaah yang menuju ke Jabal Nur akan semakin banyak.

Baca juga: Museum Haramain yang Tak Pernah Sepi dari Pengunjung

Demikian lah rangkuman singkat mengenai gua hira. Bagi Anda yang berniat melakukan ziarah kesana semoga Anda dalam keadaan baik dan sehat agar ziarah yang Anda lakukan bisa memberikan manfaat dan pengalaman yang menyenangkan untuk Anda.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini