1
Haji Travel Umroh Umroh & Haji

Museum Haramain, Kunjungan Wajib saat Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berkunjung ke Mekkah, Arab Saudi tidak lengkap rasanya jika tidak melihat sisi sejarah dan perkembangan dua masjid suci umat islam yaitu masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Museum Haramain. Museum yang dibangun oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz ini dikenal dengan sebutan The Exibithion of Two Holy Mosques Architecture, di masjid ini kita bisa mempelajari mulai dari seluk beluk dan sejarah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Haram Madinah serta menjadi tempat wisata religi terbaik ketika berkunjung ke mekkah ataupun saat melaksanakan ibadah haji maupun umroh.

Baca juga: 10 Destinasi saat Pergi Umroh atau Haji

Museum ini terletak di sisi luar kota mekkah, tepatnya di jalan akses Mekkah-Jeddah lama yakni di kawasan Al Hamra. Museum haramain ini terdiri dari tujuh ruangan. Bagian pertama saat kita memasuki bagian depan museum, kita dimanjakan dengan ruangan berisikan gambar dan model dua masjid dari masa ke masa dari mulai sebelum perluasan sampai dengan setelah perluasan. Bagian kedua ada ruang masjidil haram, yang berisikan barang-barang antik yang berhubungan dengan masjidil haram, selanjutnya bagian ketiga ada ruang Ka’bah yang berisi benda-benda yang berhubungan dengan ka’bah seperti kain kiswah, pintu ka’bah, kayu penyangga ka’bah dan lainnya.

museum haramain
source: shutterstock

Umroh.com merangkum, selain itu ruangan lainnya yaitu ruang manuskrip yang berisi berbagai naskah dan manuskrip yang berkaitan dengan kedua masjid, termasuk naskah Al-Quran yang ditulis pada jaman Khalifah Utsman bin Affan, juga ayat-ayat Al-Quran yang dipahat di bebatuan berwarna hijau dan biru. Bagian lainnya ada ruang foto yang berisikan foto-foto langka berkaitan tentang kedua masjid dan yang terkhir ada ruang sumur zamzam yang berisi model sumur zamzam jaman dulu lengkap dengan tali, kerekan dan embernya, replika sumur zamzam ini terbuat dari besi yang kokoh. Di ruangan ini terdapat display lokasi sumur zamzam di dekat kabah dan penyajian air zamzam dari masa ke masa, serta  ruang masjid nabawi yang berisi berbagai benda dan gambar yang berkaitan dengan perkembangan masjid Nabawi Madinah. 

Baca juga: Ada Bacaan Al Quran Terlengkap beserta Artinya di Sini

Dan sedikit infomasi untuk Anda yang ingin masuk dan berkunjung ke dalam museum haramain ini, Anda tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk ke dalam alias gratis. Namun bagi pengunjung yang datang berombongan harus mengajukan proposal ke pengelola museum terlebih dahulu dan kuota rombongan biasanya maksimal 40 orang.

museum haramain
source: shutterstock

Nah setelah Anda selesai menelusuri museum haramain ini, Anda juga bisa pergi menuju gedung sebelah museum yang sangat disayangkan jika Anda lewatkan yaitu tempat pembuatan ka’bah, ,karena ka’bah merupakan pusat atau kiblat kaum muslim di seluruh penjuru dunia. Di sana Anda bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan kain kiswah ka’bah sampai siap untuk digunakan. 

Bagi Anda ingin atau sedang melaksanakan ibadah haji ataupun ibadah umroh, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat bersejarah ini. Karena Anda akan semakin tahu tentang sejarah islam dan tentunya membangkitkan semangat kecintaan kepada Allah SWT, karena merupakan suatu anugerah yang luar biasa Anda bisa melaksanakan ibadah ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

webinar umroh.com

Baca juga: Mengapa Harus Melaksanakan Ibadah Umroh? Ini Alasannya