1
Muslim Lifestyle

Hikmah Membaca Al Quran dan Sejarahnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap umat muslim tentunya paham bahwa Al Quran memiliki keistimewaan dan manfaat bagi yang mengamalkannya. Jika ditelaah lebih dalam, Alquran yang diserukan sebagai pedoman, mempunyai solusi untuk hampir seluruh sendi kehidupan manusia.  Dengan mengetahui hikmah membaca Al Quran inilah hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar.

Baca juga : Harus Diperhatikan, Inilah Cara Membersihkan Hadas Besar

Sejarah Al Quran

Al Quran memberikan dorongan yang besar untuk mempelajari sejarah dengan secara adil, objektif dan tidak memihak. Dengan demikian tradisi sains Islam sepenuhnya mengambil inspirasi dari Al Quran, sehingga umat muslim mampu membuat sistematika penulisa sejarah yang lebih mendekati landasan penanggalan astronomis.

Al Quran tidak turun secara sekaligus dalam satu waktu melainkan berangsur-angsur supaya meneguhkan diri Rasul. Menurut sebagian ulama, ayat-ayat Al Quran turun secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari; dan ada pula sebagian ulama lain yang berpendapat bahwa Al Quran diwahyukan secara bertahap dalam kurun waktu 23 tahun (dimulai pada 22 Desember 603 M).

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Para ulama membagi masa turunnya ini dibagi menjadi dua periode, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah yang membentuk penggolongan surah Makkiyah dan surah Madaniyah. Periode Mekkah berlangsung selama 12 tahun masa kenabian Rasulullah SAW dan surah-surah yang turun pada waktu ini tergolong surah Makkiyah.

bukan rasulullah yang menulis al quran (source shutterstock)

Sementara periode Madinah yang dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan surah yang turun pada kurun waktu ini disebut surah Madaniyah. Ilmu Al Quran yang membahas mengenai latar belakang maupun sebab suatu ayat atau beberapa ayat Al Quran diturunkan disebut Asbabun Nuzul.

Hikmah Membaca Al Quran

Al Quran bukan hanya sebuah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizatnya, tetapi juga petunjuk hidup manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Di dalamnya terdapat hikmah-hikmah yang sangat luar biasa untuk solusi permasaalahan yang kita alami, diantaranya.

1. Memberikan ketenangan Hati

Umroh.com merangkum, membaca kitab Al Quran pada hakikatnya adalah mengingat Allah yang Maha Pengasih dan Maha penyayang. Berdasarkan ayat Al Quran yang menguatkan jika dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang. Allah berfirman,

webinar umroh.com

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” ( QS. Ar-ra’d:28)

2. Memberikan Syafaat di Hari Kiamat

Bagi sebagian orang, kiamat akan menjadi hari yang sangat menakutkan. Namun bagi orang-orang yang rajin membaca Al Quran, bacaannya tersebut akan datang sebagai penolong yang berbentuk dalam syafaat. Syafaat adalah usaha perantara dalam memberikan sesuatu manfaat bagi orang lain atau mengalakkan sesuatu mudharat bagi orang lain.

3. Membuat Seseorang Menjadi Berperilaku Mulia

Membaca Alquran dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat merubah seseorang yang semula berprilaku tidak baik menjadi lebih baik.

Yuk pilih paket umroh menarik Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Baginda Rasullulah SAW pernah bersabda,

“Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)”

4. Agar selamat duniat dan akhirat

Rajin membaca Alquran dengan hati yang ikhlas dapat menyelamatkan dirinya dari kejahatan yang terlihat dan tidak terlihat dan kesengsaraan selama didunia dan akhirat, semua itu tewrwujud karena Allah SWT melindunginya.

Baginda Rasullulah bersabda bahwa,

“Ibadah yang paling berkah dan istimewa adalah membaca dan mempelajari alquran serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari hari bahkan pada tiap satu ayatnya yang telah dibaca mengandung 10 kebaikan dan ajaran kebenaran didalamnya.“

5. Sebagai penyembuh penyakit pada tubuh

Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk membaca Alquran maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit

Seperti  2 hadits yang menyatakan bahwa,

” Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca Al Quran.” (HR. Ma’ud)

“Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan  pada tubuhmu dengan lancar .Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan  hal itu.” (QS.An-naah 16 : 69)

6. Dapat menyembuhkan penyakit hati

Membaca Al Quran dengan hati yang ikhlas dapat menyembuhkan penyakit hati yang mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, merasa dendam dan lain lain.

hadist tentang taawudz

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Seperti hadits yang menyatkan bahwa,

“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.” Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasullulah SAW mengatakan ” Percayalah ..dengan membaca Alquran.” Jawabnya.