1
Muslim Lifestyle

Pengertian Silaturahmi serta Adab yang Baik untuk Dilakukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Silaturahmi adalah wujud dari bentuk manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya untuk saling berbagi, saling memperhatikan dan kasih sayang dengan sesama. Manusia satu dan lainnya dapat terikat dalam hubunan emosional, sosial, ekonomi dan lainnya. Karenanya Islam sangat memahami hal itu karena itulah silaturahmi harus terlaksana dengan adab yang baik. Lalu apa sih sebenarnya pengertian dari silaturahmi?

Kita perlu memahami pengertian silaturahmi. Dalam kehidupan, silaturahmi merupakan salah satu amal shalih yang memiliki banyak keberkahan di dalamnya terhadap kita dan sesama manusia. Mereka yang menjalani silaturahmi dengan baik akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Ia juga akan diberkahi oleh Allah SWT.

Baca juga: 6 Manfaat Penting dalam Bersilaturahmi

Dengan demikian, sebagai orang mukmin, hendaknya kita melakukan silaturahmi dan tidak melalaikan. Sungguh baik dilakukan untuk meluangkan waktu demi melaksanakan amal shalih yang tak hanya memberikan pahala tetapi juga menjaga keharmonisan. Terlebih dengan dimudahkannya alat transportasi dan komunikasi di zaman ini, seharusnya kita bisa lebih baik lagi dalam mengamalkan silaturahmi.

Pengertian Silaturahmi

Umroh.com merangkum, pengertian Silaturahmi sebaiknya mampu dipahami oleh seorang muslim. Kata Silaturahmi dibentuk dari kata Shilah dan Ar Rahim. Kata Shilah sendiri berasal dari kata wasalu yasilu wasl (an) wa silat (an) yang artinya adalah hubungan. Sementara Ar Rahim atau Rahim memiliki arti kerabat. Sementara di dalam Al Qur’an, kata al-arham ­bermakna rahim atau kerabat. Karena itulah ar rahim berarti hubungan kekerabatan.

Sementara itu, Abu Thayyib menjelaskan arti silaturahmi sebagai sebuah ungkapan untuk berbuat baik kepada kerabat yang memiliki hubungan nasab. Lalu menurut Imam an-Nawawi, silaturahmi dapat diartikan sebagai berbuat baik kepada kerabat. Bisa dengan bersilaturahmi dengan harta, bantuan, kunjungan, mengucapkan salam, dan sebagainya.

Dalam QS An Nisa:1 Allah SWT berfirman:

ا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

webinar umroh.com

Artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Adab Silaturahmi

Maka dari itulah kita memerlukan adab dalam bersilaturahmi. Dalam kitab Mausu’atul Adab al-Islamiyah, menurut Syekh Abdul Azis bin Fathi as-Sayyid Nada, beliau merinci adab-adab silaturahmi yang sesuai dalam Al Qur’an dan Sunnah. Berikut adab-adab tersebut:

1. Niat baik dan ikhlas

Sebagaimana kita ketahui, Allah tidak akan menerima suatu amal kecuali kita melakukannya dengan ikhlas. Maka dari itu, wajiblah bagi siapapun untuk mengikhlaskan niat hanya kepada Allah SWT ketika menyambung tali silaturahmi. Janganlah sekalipun bersilaturahmi untuk riya’ dan ujub.

2. Mengharapkan Pahala

Allah SWT telah menjanjikan pahala bagi hamba-Nya yang bersilaturahmi. Maka dari itu, baik adanya apabila kita hanya mengharapkan pahala dalam bersilaturahmi kepada sesama.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Memulai Silaturahmi dari yang Terdekat

Hal ini dimaksudkan adalah semakin dekat hubungan kekeluargaan atau kerabat atau Rahim, maka wajib untuk menyambungnya. Perkara ini cukup krusial untuk dapat diperhatikan bagi setiap Muslim dalam bersilaturahmi.

4. Mendahulukan Silaturahmi kepada Mereka yang Paling Bertakwa Kepada Allah

Kita harus bersilaturahmi terlebih dahulu kepada kerabat dan orang-orang yang kita yakini paling bertakwa kepada Allah SWT. Meski demikian, para Muslim pun dianjurkan untuk bersilaturahmi kepada kerabat yang kafir ataupun yang tidak soleh dengan tujuan mengajak kepada kebenaran.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Tak hanya hal itu, sebagai seorang mukmin kita juga dianjurkan untuk mempelajari nasab dan mencari kerabat yang jauh. Lalu tak berhenti menyambung silaturahmi meski kepada mereka yang memutusnya. Selanjutnya bisa dengan mulai bersedekah kepada kerabat yang membutuhkan, menahan gangguan terhadap kerabat yang kurang baik serta menumbuhkan rasa bahagia kepada kerabat.

Itulah pengertian silaturahmi dan adab-adab silaturahmi yang sepatutnya kita ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.