play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
News Travel

Inilah Masjid King Hussein bin Talal di Amman Yordania

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Bagi setiap muslim, sudah seharusnnya untuk mempelajari perkembangan Islam sebelum Islam Berjaya dan sesudah Berjaya, dengan belajar maka seorang muslim akan mengetahui bagaimana perkembangan Islam di negara lain, bukan hanya mengetahui perkembangan Islam yang hanya berkembang di Indonesia saja, contohnya seperti mempelajari sejarah mengenai Raja King Hussein bin Talal bagimana beliau membangun masjid di Amman Yordania. Inilah penampakan Masjid King Hussein bin Talal di Amman Yordania.

Baca juga: 5 Masjid Tertinggi di Dunia yang Megah dan Menjulang

Biografi King Hussein Bin Talal

Umroh.com merangkum, Hussein bin Talal adalah raja Yordania yang memerintah dengan masa pemerintahan eksekutif terpanjang di dunia. Ia lahir di Amman, Yordania pada tahun 1935 dan memerintah hingga akhir hayatnya pada tahun 1999. Hussein bin Talal sesmpat menempuh pendidikan di Victoria College, Mesir dan Harrow School di Inggris. Ia juga menerima pendidikan militer di Royal Military Academy Sandhrust di Inggris. Pada tahun 1952 ia diangkat sebagai raja Yordania menggantikan ayahnya, Raja Talal. Namun, ia mengambil kekuasaan konstitusionalnya pada usia 18 tahun.

Sepanjang pemerintahannya Raja Hussein bekerja keras untuk meningkatkan standar hidup rakyat Yordania. Ia percaya bahwa rakyat adalah aset terbesar negara sehingga mereka harus didorong untuk menjadi lebih baik bagi dirinya sendiri, maupun bagi negaranya. Pada tahun 1950 air, sanitasi, dan listrik hanya tersedia bagi 10% penduduk, namun setelah pemerintahan Raja Hussein ketersediaannya meningkat hingga mencapai 99% populasi. Data dari UNICEF menunjukkan bahwa antara tahun 1981 hingga 1991 angka kematian bayi di Yordania turun dari 70 kematian per 1000 kelahiran menjadi 37 kematian per 1000 kelahiran. Pencapaian lainnya adalah pengembangan industri fosfat, garam abu,  dan semen selama tahun tahun 1960 dan pembangunan jaringan jalan raya di seluruh kerajaan. selain perbaikan dalam negeri, Raja Hussein juga mempromosikan perdamaian di Timur Tengah. Ia berperan menyusun Resolusi DK PBB 242 yang memerintahkan Israel mundur dari semua tanah Arab yang didudukinya dalam perang tahun 1967 dengan imbakan perdamaian. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Pada tahun 1991 ia turut dalam penyelenggaraan Konferensi Perdamaian Madrid. Selain itu ia juga bekerja untuk menyelesaikan sengketa antara negara-negara Arab, misalnya pada Perang Teluk pada tahun 1990-1991 dimana ia mengerahkan upaya damai untuk mempengaruhi penarikan tentara Irak dan memulihkan kedaulatan Kuwai

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Temukan paketnya sekarang juga cuma di Umroh.com!

Masjid King Hussein Bin Talal

Tim Umroh.com memaparkan, Masjid King Hussein Bin Talal, biasanya yang dikenal dengan sebutan masjid King Hussein merupakan masjid yang terbesar di Yordania. Bahkan ada pula masjid yang didirikan oleh king Hussein yaitu masjid Grand Al Husseini 1924 di kota Downtown Amman. Masjid King Hussein ini dibangun tepat pada tahun 2005 pada saat pemerintahan Raja Abdullah II di Amman Barat, khususnya di Taman Umum Al Hussein yang berada di Jalan Raja Abdullah II dekat dengan pusat medis King Hussein. 

Masjid ini dibangun pada ketinggian 1.013 Meter (3.323 kaki) di atas permukaan laut dan dengan ketinggiannya tersebut, maka dapat dengan mudah melihat bagian besar di Amman. Bangunan ini memiliki empat Menara dan lantai yang terbuat dari marmer, serta merupakan bangunan persegi.

Tepat pada tahun 2012, Raja Abdullah II juga telah membuka museum Nabi, yang didalam museum tersebut menampun sejumlah peninggalan yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW. Bukan hanya itu bahkan Raja Jordan Abdullah II di tahun 2005 juga telah membangun sebuah masjid raya di wilayah Amman barat sebagai bentuk dari memorial terhadap ayahandanya Raja Hussein yang pernah memerintah Jordania pada tahun 1952-1999.

Masjid yang dibangun oleh King Hussein ini terletak di area King Hussein Park, masjid ini juga dapat menampung sebanyak 5.500 pengunjung atau jamaah yang hendak berkunjung dan melaksanakan shalat di masjid tersebut, di area masjid juga terdapat pemandangan daun-daun pepohonan yang berwarna kuning keemasan yang megesankan suasana Auntum negeri 4 musim.

Di area King Hussein Park juga terdapat spot Indonesia Garden dan terdapat Peace Garden yang di mana di dalamnya terdapat pepohonan zaitun yang diberi nama Soekarno, Mahatma Gandhi, serta beberapa tokoh lainnya yang memberikan pengaruh perdamaian bagi dunia lainnya. Banyak yang berpendapat bahwa pendirian masjid ini dijadikan alasan untuk menjadikan memorial dan diinspirasi oleh adanya masjid King Abdullah I (Raja Jordan Pertama) yang dibangun dipusat kota Amman oleh Raja Hussein untuk memorial sang ayahandanya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Masjid ini juga memiliki empat Menara, serta dibangun dengan gaya arsitektur Islam yang lazim di Bilad Sham. Masjid ini juga memiliki area shalat utama yang ditandai dengan langit-langit berkubah dan ornament gaya Ummayah yang diukir di batu Yordania. Pejabat istnaa juga mengatakan bahwa seorang kontraktor lokal lah yang mengerjakan proyek tersebut, sementara tim yang lain dan berasal dari Fakultas Seni Universitas Terapan Balqa menciptakan mihrab, masjid ini menggunakan titik fokus kearah Mekkah. Fasad mihrab menggunakan jenis kaya yang langka, dan digunakan untuk pertama kalinya dalam 300 tahun di dunia Islam, menurut malhas. Sementara untuk area sembahyang terbuka seluas 2.000 meter persegi dengan langit-langit berkubah setinggi 10 meter dan dapat menampung jamaah sebanyak 2.500 jamaah yang berkunjung dan melaksanakan shalat di masjid tersebut.

Facebook Comments