1
Kesehatan Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Sehat & Berpahala Dengan Jalan Kaki Ke Masjid!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kita semua sudah mengetahui bahwa Nabi Muhammad sangat menekankan kita untuk shalat berjamaah di masjid. Beliau juga menerangkan bahwa berjalan kaki ke masjid pahalanya besar. Semakin jauh jarak yang ditempuh seseorang yang akan menunaikan shalat, semakin besar pula pahala yang akan diraihnya. Rasulullah bersabda,

“Orang yang paling besar pahalanya dalam shalat ialah yang paling jauh berjalan-menujunya. Orang yang menunggu shalat sampai ia menunaikannya bersama imam lebih besar pahalanya dari orang yang menunaikannya kemudian tidur.” Dalam riwayat Abu Kuraib, “Sampai menunaikannya bersama imama dalam shalat berjamaah.” (HR. Muslim)

“Apakah kalian mau aku tunjukkan dengan apa yang allah hapuskan dosa baginya dan Allah tinggikan derajatnya? Para sahabat menjawab : tentu wahai Rasullullah, kemudian beliau berkata : menyempurnakan wudhu disaat saat yang dibenci, memperbanyak langkah ke masjid, dan menunggu shalat sampai shalat berikutnya, maka itulah ar-ribath, maka itulah ar-ribath” (HR. Muslim, 251)

Jika seseorang pergi ke masjid dengan berjalan kaki lima kali per hari, maka, kita dapati bahwa setiap hari seorang muslim berjalan menempuh jarak tertentu yang berbeda-beda antara satu orang muslim dengan lainnya sesuai jarak rumahnya dengan masjid.

Maka hadits ini dan hadits sebelumnya menunjukkan dalil atas keutamaan rumah yang jauh dari masjid, dengan memperbanyak langkah ke masjid yang buahnya adalah mendapatkannya pahala disisi allah, dan semakin banyaknya itu dikarenakan semakin jauhnya rumah dari masjid, apalagi ketika pulang dan perginya.

Taruhlah waktu yang dibutuhkan seorang muslim untuk pulang pergi ke masjid setiap harinya minimal 5 menit, berarti setiap hari ia sudah berjalan minimal 25 menit. Dan menurut hasil penelitian ilmiah menganjurkan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Hasil penelitian ini juga menerangkan berbagai manfaat yang akan dirasakan seseorang dengan berjalan.