1
Haji Umroh Umroh & Haji

Jangan Lupakan Hal Ini Jika Berkunjung ke Jabal Tsur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Selain Jabar Rahmah, Jabal Tsur merupakan gunung yang sering dikunjungi oleh para jamaah haji maupun umroh. Jabal Tsur adalah gunung tertinggi di Mekkah. Letaknya di tengah-tengah Mekkah, sekitar 4 Km di selatan Masjidil Haram. Jabal Tsur berada di kawasan Kudai. Jabal Tsur mempunyai nilai sejarah penting dalam peradaban Islam.

Demi mencapai puncak Jabal Tsur ini para jamaah menempuh perjalanan yang lumayan menguras tenaga. Para jamaah mendaki demi sampai ke gua tsur yang berada di puncak Jabal Tsur. Gua Tsur itulah bukti kebesaran Allah SWT melindungi umatnya dari kaum kafir.  Untuk masuk di gua itu cukup sulit. Harus dengan cara merangkak, dan setelah masuk dalam gua, hanya cukup ruangan untuk duduk. Setidaknya untuk mendaki saja menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam sampai dua jam. Itu pun saat mendaki tidak dibarengi dengan istirahat terus menerus.  

Baca juga: Jangan Khawatir, di Jabal Tsur Anda Bisa Lakukan Hal Wajib Ini

Maka bagi yang penasaran ingin mendaki Jabal Tsur khususnya , ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu yaitu :

  1. Siapkan fisik, pastikan stamina badan Anda sedang fit
  2. Jika sedang kurang sehat jangan memaksakan diri untuk mendaki
  3. Selalu berdoa menyebut nama Allah SWT
  4. Pakailah topi untuk melindungi kepala
  5. Gunakan sepatu atau sendal gunung yang kuat mengingat perjalanan yang cukup jauh 
  6. Lakukanlah pendakian setelah sholat subuh atau di malam hari karena lebih nyaman, sebab udara dan terik panas matahari cukup membuat kita lelah, apalagi di bulan Ramadhan.
  7. Jikalau Anda belum pernah naik ke atas bukit tsur sebaiknya membawa pemandu mutawif dengan memberikan imbalan uang real, biasanya 100 atau 200 real sudah cukup.
  8. Bentuklah rombongan kecil 3-4 orang, tentunya teman yang sama- sama mau mencari tahu tentang Jabal Tsur.
  9. Jika hotel kita di daerah Misfalah atau daerah Ajyad maka naiklah taksi dengan tarif 20 real, dengan proses tawar menawar.
  10. Siapkan lampu senter yang agak besar karena jalan cukup terjal.
  11. Jangan memakai pakaian yang terlalu tebal, pakai kaos yang menyerap keringat untuk yang melakukan pendakian pagi atau siang hari. Tetapi jika mendaki malam hari perlu memakai kain tebal karena udara malam di Mekkah cukup dingin.
  12. Bawalah air minum secukupnya untuk perbekalan karena di atas puncak tidak ada tempat berjualan apalagi di malam hari. Kalaupun membawa makanan, bawalah makanan yang mengenyangkan.
  13. Usahakan jangan membawa barang terlalu banyak.
  14. Buang sampah pada tempatnya
  15. Yang paling nyaman untuk melakukan pendakian adalah sekitar jam dua atau jam tiga malam.
  16. Sampai di atas Shalat Subuhlah dulu sebelum mengantri memasuki gua, oleh sebab itu sebaiknya sebelum berangkat dalam keadaan berwudhu.
  17. Walaupun di malam hari tetap di sana akan ramai orang, tapi tidak sebanyak di siang hari, oleh sebab itu jangan berlama-lama di dalam gua kalau tidak mau di teriakin oleh orang lain yang menunggu giliran.
  18. Jangan terburu-buru untuk turun, sebaiknya nikmatilah dulu matahari terbit dan pemandangan kota Makkah sebelum Anda turun.
  19. Jika kecapean , istirahat di pos pemberhentian yang telah disediakan
  20. Ketika sudah sampai dibawah kaki bukit dan berencana pulang pilihlah taksi resmi yang berwarna putih.

Baca juga: Setelah ke Jabal Tsur, Yuk Datangi Destinasi Kota Mekkah Ini!