1
Muslim Lifestyle

Perlu Tahu! Ini Sejarah dan Khasiat Air Zam – Zam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Air zam -zam menjadi air yang dipercaya suci bagi umat Islam. Kata zam – zam dalam bahasa Arab berarti banyak atau  melimpah. Air zam – zam adalah air yang berasal dari sumur zam – zam. Letaknya berjarak 38 hasta dari Ka’bah. Air ini sangat banyak dan berlimpah, tidak habis walau telah diambil dan diminum miliaran umat muslim diseluruh dunia. Bagi mereka yang menjalankan ibadah haji atau umroh tak lupa berbondog-bondong membawa air zam – zam hingga ke tanah air karena memiliki sejarah sendiri dan khasiat dari air zam – zam itu sendiri.

Baca juga : Jenis Jual Beli dalam Islam yang Wajib Diketahui

Sejarah Air Zam – Zam

Zam – zam berawal dari kisah perjuangan Siti Hajar mencari air untuk minum bayinya. Ismail dipadang antara bukit shafa dan marwah. Setelah bolak balik 7 kali antara Shafa dan Marwah ternyata air ditemukan dibawah tendangan tumit Ismail. Nama zam – zam berasal dari teriakan Siti Hajar yang kaget dan berseru, zummi-zummi” (berkumpullah, berkumpullah). Siti hajar segera mengumpulkan dan membendung air yang memancar itu. Diciduknya air itu dengan tangan dan dimasukan ketempat air.

Malaikat Jibril lah yang mengais tanah dengan kaki (atau sayapnya), kemudian memukulkan kakinya diatasnya, dan keluarlah pancaran air dari tanah tersebut . malaikat jibril berkata kepada siti hajar,”Janganlah takut terlantar. Sesungguhnya, disinilah baitullah akan dibangun anak ini(ismail) bersama ayahnya. Dan sesungguhnya, Allah tidak akan menelantarkan hamba-Nya.”

Beberapa waktu kemudian, datanglah kaum Jurhum ke lembah Mekkah. Mereka turun karena melihat burung berputar-putar. Mereka yakin dilembah itu ada air karena burung-burung itu biasa berputar diatas air. Kaum Jurhum kemudian meminta izin siti Hajar bahwa mereka akan datang ke lemah itu dan meminum air zam – zam. Siti Hajar mengizinkan asalkan mereka tidak berhak memiliki sumber air tersebut.

Jadi Panutan, Ini Kisah Teladan dari Mush'ab bin Umair (source pixabay)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Lokasi sumur zam – zam terletak ditengah lembah yang memanjang. Luas area tangkapan yang hanya 60 kilometer persegi ini tentunya cukup kecil untuk menangkap air hujan yang sangat langka terjadi di Mekkah, sehingga memerlukan pengawasan ilmiah (hidrogeologi), sumur zam – zam hanyalah seperti sumur gali biasa, tidak terlalu istimewa disanding sumur sumur gali lainnya. Sumur ini ditemukan kembali oleh Abdul Muthalib setelah hilang terkubur kurang lebih 4000 tahun.

Dahulu diatas sumur ini terdapat sebuah bangunan seluas 88,8 meter persegi. Antara tahun 1381-1388 Hbangunan ini ditiadakan untuk memperluas tempat thawaf, sehingga tempat untuk meminum air zam – zam dipindahkan keruang bawah tanah. Dibawah tanah ini disediakan tempat minum air zam – zam denga jumlah 350 kran air (220 kran untuk laki laki dan 130 untuk kran perempuan), dengan ruang masuk laki laki dan perempuan dipisahkan.

Saat ini bangunan di atas sumur zam – zam sudah tidak ada lagi, bahkan tempat masuk keruang bawah tanah pun sudah di tutup, sehingga ruang untuk melakukan ibadah tawaf menjadi lebih luas. Tetapi kita masih bisa melihat tanda tanda dimana sumur itu berada.

webinar umroh.com

Khasiat Air Zam – Zam

Hasil penelitian sampel air di Eropa dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa zam – zam mengandung zat fluorida yang punya daya efektif membunuh kuman, layaknya seperti sudah mengandung obat. Lalu perbedaan air zam – zam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam – zam. Itu mungkin sebabnya air zam – zam membuat efek menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan. Tambahan lagi, hasil laboratorium Eropa menunjukkan bahwa zam – zam layak untuk diminum, sehat untuk diminum.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

8 Khasiat Minum Air Zam – Zam bagi Tubuh

1. Mengobati Berbagai Penyakit

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zam – zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Sebagaimana hadist diatas, telah dinyatakan secara jelas bahwa mengkonsumsi air zam – zam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka yang nelaksanakan ibadan haji atau umrah selalu membawa oleh-oleh air zam – zam.

2. Mempermudah Mendapatkan Keturunan

Ada beberapa kepercayaan yang menyatakan bahwa meminum air zam – zam dipercaya dapat mempermudah mendapatkan keturunan. Tentunya meskipun belum terdapat penelitian yang lebih lanjut. Namun, pada faktanya banyak mereka yang kemudian berhasil memiliki kerurunan usau mengkonsumsi air zam – zam tentunya atas izin Allah.

3. Baik Bagi Metabolisme Tubuh

Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Fungsi air dalam tubuh yang utama ialah membantu memperlancar metabolisme tubuh. Air zam – zam yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tentunya lebih baik ketimbang air biasa atau air mineral yang kita konsumsi setiap harinya.

4. Mampu Meregenerasi Sel Kulit Mati

Air zam – zam juga dipercaya dapat membantu meregenari kulit dengan optimal. Konsumsi secara rutin akan bermanfaat baik kesehatan kulit. Tentunya akan membuat anda tampil lebih baik dengan kulit sehat dan segar.

5. Membuat Pintar

tips terhindar dari kesombongan

Dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zam – zam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zam – zam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak”.

6. Memberi Energi Pada Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan. Morning sickness yang cukup parah menyebabkan si ibu mengalami kehilangan energi yang cukup banyak. Untuk mengantikan energi yang hilang tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air zam – zam. Mengingat air ini tidak berbau maka si ibu tidak akan mengalami mual-mual.

7. Mampu Menutrisi Janin

Umroh.com merangkum, selain memberi energi pada ibu hamil air zam – zam juga dapat memberikan nutrisi pada janin. Sebab semua makanan dan minuman yang di konsumsi oleh ibu tentu juga akan di konsumsi juga oleh sang janin. Oleh karena itu selalu makan makanan dan minum minuman yang baik seperti Air zam – zam agar janis dapat tumbuh lebih optimal.

8. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Air memiliki fungsi utama dapat membantu sistem peredaran darah. Konsumsi air zam – zam dipercaya dapat membantu melancarkan sistem peredara  darah di dalam tubuh. Tentunya akan semakin membuat tubuh anda lebih sehat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Demikian khasiat meminum air zam – zam bagi kesehatan tubuh. Tentunya manfaat ini akan kita peroleh jika rutin mengkonsumsinya. Paling penting adalah apapun yang anda inginkan dan niatkan dengan meminum air zam – zam maka pastikan niat itu merupakan kebaikan dan cara meningkatkan akhlak sebagai obat hati dalam islam untuk anda dan orang lain.