1
Serba-serbi Ramadhan

Catat! Ini Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menurunkan berat badan saat puasa sejatinya susah-susah gampang. Karena keseringan saat puasa, kita ‘ngidam’ makan sesuatu saat berbuka dan berakhir dengan kalap (banyak makan). Memang, pada teorinya, puasa bisa membantu menurunkan berat badan.

Hal ini lantaran pola makan yang berubah membuat asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ikut berkurang. Namun, menurunkan berat badan saat puasa bukan hal mudah. Ada saja godaan aneka menu berbuka puasa yang bikin lapar mata.

Baca juga: Begini Penjelasan Minum saat Adzan Subuh Puasa

Bila selama ini kamu sudah berangan-angan untuk diet tapi belum juga kesampaian, bulan Ramadhan pun bisa jadi momen yang tepat. Tapi, perlu cara menurunkan berat badan yang tentunya ampuh.

Karena pasalnya, justru banyak orang yang berat badannya naik selama puasa. Jadi supaya bisa tampil prima ketika hari raya tiba nanti, simak dulu cara menurunkan berat badan saat puasa yang aman dengan tujuh strategi berikut ini.

Tips Menurunkan Berat Badan saat Puasa

Umroh.com merangkum, berikut tips yang bisa dicoba untuk mewujudkan tubuh yang sehat dengan menurunkan berat badan saat puasa!

1. Perbanyak makan serat dan protein

Saat sahur dan buka puasa, pastikan makanan yang kamu konsumsi kaya akan serat dan protein. Daripada makanan tinggi kalori, serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Dengan demikian, kamu bisa merasa kenyang sepanjang hari tanpa dan mencegah kelaparan selama puasa.

Tak hanya itu, makanan tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan sehingga ketika waktunya makan malam setelah berbuka puasa, kamu tidak kalap dan kebanyakan makan.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Hindari makanan dan minuman manis

Meski disunnahkan berbuka puasa dengan yang manis-manis untuk mengembalikan energi, namun jangan terlena sampai kebanyakan. Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh, yang jadi mengacaukan diet.

Hal ini lantaran saat berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Sementara insulin sendiri berfungsi mengubah gula jadi sumber energi. Jika gula tak diubah jadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Inilah mengapa makan hidangan manis saat berpuasa bisa bikin gemuk.

Dengan demikian, pilih lah makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah, sayur, dan nasi merah.

3. Tetap olahraga

Bukan berarti berpuasa dan tidak makan banyak, kamu boleh bermalas-malasan. Berolahraga justru bisa jadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang efektif.

Biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran glukosa (gula). Namun, ketika puasa dan tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam, tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak. Maka, berolahraga saat puasa bisa memicu pembakaran lemak berlebih dalam tubuh.

4. Minum banyak air putih

Pastikan tetap minum banyak air selama bulan puasa dan tidak dehidrasi. Paling tidak 8 gelas per hari. Coba saja menggunakan rumus 2-4-2: Dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

Minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Hindari makan sahur dan buka dengan gorengan

Setelah menahan lapar seharian, kamu mungkin tergoda untuk langsung menyantap makanan berlemak waktu berbuka puasa. Hati-hati, mengonsumsi makanan serba digoreng yang sarat dengan lemak jahat (lemak jenuh) di bulan puasa tetap bisa membuat Anda gemuk.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa, ganti dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh lebih baik untuk kesehatan karena tidak meningkatkan kadar kolesterol Anda. Anda bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dari kacang-kacangan, alpukat, dan ikan. 

6. Maksimalkan jalan kaki

Apabila berolahraga berat bisa membuatmu darah rendah, coba saja jalan kaki yang merupakan olahraga paling praktis dan ringan dilakukan sembari ngabuburit. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengubah sesi jalan kaki biasa menjadi agenda penurunan berat badan.

Coba dengan mengubah rute jalan kaki. Ambil jalur berbeda dengan rute yang lebih panjang dari biasanya. Selain itu, usahakan pula melewati rute tidak datar dan sedikit diwarnai oleh tanjakan dan turunan kecil demi meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Lalu bisa juga dengan pikul beban di punggung. Beban bisa berupa buku atau air minum. Tujuannya adalah agar tak perlu repot saat tiba waktunya berbuka puasa juga menambah beban untuk pembakaran lemak.

Itu dia tips menurunkan berat badan saat puasa. Jangan lupa dipraktekkan ya!