play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
       
1
Doa Haji Umroh Umroh & Haji

Penuh Makna, Ini Pengertian Kata Talbiyah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Berkunjung ke tanah suci dan menjalankan ibadah haji atau umroh adalah impian bagi setiap umat muslim diseluruh dunia.  Berkunjung ke baitullah sambil melaksanakan ibadah tentunya menjadi kebanggaan tersendiri dan akan senantiasa menambah kekuatan iman islam kita dalam menjalani kehidupan sehari – hari.

Baca juga: Selain Pengertian Talbiyah, Ini Makna Syahadat yang Wajib Diketahui

Umroh.com merangkum, dalam berhaji maupun umroh tentunya ada serangkaian tata cara yang harus dilaksanakan oleh para jamaah yang salah satunya ialah melafazkan talbiyah. Talbiyah ialah bacaan yang disunnahkan  tatkala kita sedang beribadah haji maupun umroh. Tepatnya setelah berihram. Talbiyah dianjurkan dilafazkan terus menerus dan berhenti ketika jamah sudah mulai melakukan tawaf. 

pengertian talbiyah
source: shutterstock

Zaid bin Khalid al Juhanni ra yang berkata, Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan dalam HR Ahmad, Ibnu Majah dan Hakim. “Jibril mendatangiku, lalu berkata: “Wahai Muhammad perintahkan shahabat-shahabatmu agar mengangkat suara mereka dengan mengucapkan talbiyah, karena sesungguhnya ia adalah syiar haji.”

Baca juga: Selain Bacaan Talbiyah, Ini Bacaan Wajib Lainnya yang Harus Dibaca

Bacaan Talbiyah

LABBAIKALLAHUMMA LABBAIK, LAA SYARIIKALAKA LABBAIK, INNAL HAMDA WANNI’MATA LAKA WALMULK, LAA SYARIIKALAK.

 Artinya : “Aku memenuhi panggilanMu, ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu, tiada sekutu bagiMu, Aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujaan dan nikmat adalah milikMu, begitu juga kerajaan, tiada sekutu bagiMu.”

Dalam ibadah haji dan umroh kita benar-benar mengorbankan banyak hal, di mulai dari harta, tenaga, pikiran dan meninggalkan keluarga di rumah dengan waktu yang cukup lama. Sangat disayangkan apabila tercampur dengan riya’ atau ditujukan bukan untuk selain Allah (menyekutukan Allah). 

Makna Talbiyah

Talbiyah bukan hanya sekedar bacaan tanpa makna, talbiyah merupakan pernyataan sakral dan penting bahwa seseorang telah bertauhid kepada Allah, mengagungkan keesaan Allah, dan “berjanji” untuk menjauhi syirik dan hanya berserah diri serta meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT. 

Dengan memahami dan mengagungkan bahwa Allah lah yang maha satu, maka kita harus memantapkan diri untuk senantiasa selalu berserah diri kepada Allah, meminta pertolongan hanya kepadaNya dan percaya akan keputusanNya. Kita juga harus senantiasa bermunajat, memohon, dan memasrahkan segala persoalan kehidupan hanya kepadaNya, bukan kepada yang lain.

pengertian talbiyah
source: shutterstock

Dengan memahami pengertian dan memaknai bacaan talbiyah, itu artinya kita juga harus mengaplikasikannya dalam perbuatan dengan sebisa mungkin menjaga kalimat talbiyah. Caranya adalah dengan menjalankan tauhid, menjauhi segala bentuk yang bisa membatalkan tauhid seperti syirik meskipun hanya sedikit. Dengan mengetahui dan memahami talbiyah, kita juga harus paham bahaya dan dosa dari menduakan Allah. Syirik adalah dosa yang sangat besar bahkan dosa yang tak  termaafkan. Oleh karena itu, saat kita bertalbiyah, sejatinya kita sedang mendeklarasikan janji dan mengerti serta paham konsekuensinya. Sehingga perkataan talbiyah yang kita ucapkan sejalan dengan perbuatan kita.

Baca juga: 10 Pembatal Syahadat yang Jarang Diketahui

Talbiyah sungguh memiliki makna yang dalam seperti bagaimana hati kita teguh dan ikhlas untuk melaksanakan panggilanNya untuk ibadah haji maupun umroh. Adapun waktu yang tepat untuk mengucapkan talbiyah adalah bagi jamaah yang sedang menjalankan umrah, maka diucapkan setelah niat umrah sampai hendak melaksanakan tawaf. Sedangkan bagi jamaah yang sedang ibadah haji, maka diucapkan setelah niat haji sampai melontarkan jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah. 

Demikian penjelasan singkat mengenai talbiyah, Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda semua.

Tulis Komentar Anda