play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Meriahkan Perayaan Maulid Nabi, Umroh Cuma 18 Jutaan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Bulan Rabiul Awal menjadi lebih istimewa dengan adanya peringatan Maulid Nabi, hari kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Para ulama meyakini bahwa Rasulullah lahir pada tanggal 12 Robiul Awal, tepatnya di tahun 576 Masehi. Kelahiran beliau menjadi rahmat dan berkah bagi semesta alam, karena dengan kehadiran beliau seluruh penghuni alam semesta mengetahui petunjuk yang terang tentang keberadaan Allah yang Maha Esa.

Umroh.com merangkum, hingga kini, umat muslim di penjuru dunia memperingati hari kelahiran Rasulullah. Berbagai acara dan perayaan digelar untuk menumbuhkan cinta kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Sekaligus mengenang dan meneladani kemuliaan akhlak beliau. 

Baca juga: Kisah Keberkahan Nabi Muhammad SAW

Dirayakan untuk Mengungkapkan Rasa Cinta kepada Rasulullah  

Maulid Nabi adalah sebuah perayaan yang diselenggarakan untuk mengungkapkan kecintaan kepada Rasulullah. Selain itu, Maulid Nabi juga diselenggarakan sebagai rasa syukur terhadap kelahiran dan kehadiran beliau sebagai Rasul yang membawa petunjuk yang terang kepada umat manusia.

Maulid Nabi sebenarnya bukan perayaan yang diajarkan secara langsung oleh Rasulullah. Tetapi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad menjadi sebuah langkah penting bagi umat muslim untuk selalu mengingat perjuangan dan kemuliaan beliau. 

Dirayakan pada Tanggal Kelahiran Nabi Muhammad 

 Maulid Nabi diperingati pada hari lahir Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Namun sebenarnya para ahli sejarah memiliki beragam pendapat tentang waktu persisnya kelahiran Rasulullah. Pendapat sebagian besar ulama mengatakan bahwa Rasulullah dilahirkan pada bulan Rabiul Awal. Ada juga yang berpendapat bahwa beliau lahir di luar bulan Rabiul Awal.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Sedangkan untuk tanggal kelahiran Rasulullah, ada sebuah catatan yang menjadi rujukan para ulama. Dalam sebuah hadist, dikatakan bahwa Rasulullah berpuasa sunnah di hari Senin untuk memperingati hari kelahirannya. Saat itu, Rasulullah ditanya oleh seseorang tentang kebiasaan puasa beliau di hari Senin. Rasulullah kemudian menjawab bahwa “Hari Senin adalah hari dimana aku dilahirkan, dan pertama kali aku mendapat wahyu”. Hadits ini kemudian menjadi rujukan sehingga kemudian para ulama mendapat kesimpulan bahwa beliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal. Namun, masih ada yang berpendapat lain tentang tanggal kelahiran beliau. 

Jika tanggal kelahiran beliau masih menjadi perdebatan, maka tanggal wafatnya beliau diketahui secara pasti pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah. Saat itu, Rasulullah berusia 63 tahun lebih 4 hari.

Sejarah Singkat Maulid Nabi  

Maulid Nabi Muhammad pertama kali dilaksanakan oleh Dinasti Fatimiyyah. Saat itu, kerajaan tersebut memiliki 6 Maulid, yaitu Maulid Nabi Muhammad, Maulid Ali Bin Abi Thalib, Maulid Fatimah, Maulid Hasan dan Husein, serta Maulid penguasa dinasti tersebut.  

Mulanya, perayaan Maulid Nabi digunakan sebagai tujuan politis oleh pemimpin Dinasti Fatimiyyah untuk meneguhkan posisinya sebagai orang yang memiliki hubungan darah dengan Rasulullah. Hingga kemudian, tradisi Maulid ini dihilangkan karena dianggap sebagai Bid’ah yang sesat.  

Ketika Salahuddin al-Ayyubi berhasil menguasai Mesir, dan Dinanti Fatimiyyah runtuh, tradisi Maulid Nabi kembali dihidupkan. Lain dengan tradisi sebelumnya, Maulid Nabi yang digagas oleh Salahuddin al-Ayyubi memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat jihad pasukan kaum muslimin yang ada di bawah kepemimpinannya. Saat itu, kaum muslimin sedang menghadapi Perang dengan tentara Salib dari kerajaan Eropa. Namun sayangnya, kondisi mereka saat itu terpecah-belah. 

Salahuddin al-Ayyubi kemudian memerintahkan rakyatnya untuk mengadakan kegiatan yang mengingatkan kepada Rasulullah. Salahuddin sendiri mengadakan sayembara untuk mencari syair indah yang mengingatkan kepada Rasulullah. Sayembara tersebut kemudian dimenangkan oleh Syekh Jafar Al Barzanji, yang kemudian karyanya diabadikan dengan kitab Al Barzanji. Kitab ini yang kemudian digunakan oleh kaum Muslim di Indonesia di setiap peringatan Maulid Nabi. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

Maulid Nabi dalam Pandangan Ulama Empat Madzhab 

Walaupun tidak diajarkan Rasulullah, ulama empat mazhab mengakui bahwa Maulid Nabi merupakan Bid’ah yang baik. Al-Imam al-Suyuthi, ulama Syafi’iyah menganggap bahwa karena di dalam Maulid Nabi ada pengagungan terhadap Rasulullah, serta mencerminkan kegembiraan atas kelahiran Rasulullah, maka mereka yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala. Maulid Nabi juga dianggap sebagai sarana untuk meningkatkan rasa syukur. Dan menjadi sangat baik karena dilakukan dengan berkumpul, membagikan makanan, dan hal-hal positif lain yang menjadi ibadah serta luapan kegembiraan. 

Sementara ulama Hanafiyah, Syaikh Ibnu ‘Abidin, menganggap bahwa Maulid Nabi merupakan Bid’ah yang terpuji. Ketika dalam suatu acara dibacakan sejarah dan cerita tentang kehidupan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, maka malaikat akan memenuhi majelis tersebut dan menyampaikan rahmat dan ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Al-Imam Ibnu al-Haj, ulama dari madzhab Maliki, memiliki pendapat yang serupa. Tempat yang di dalamnya dibacakan Maulid Nabi, maka malaikat akan mengelilingi penghuni tempat tersebut untuk memberikan limpahan rahmat dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Sementara Al-Imam Ibnu Taimiyyah, ulama mazhab Hanbali, percaya bahwa ada pahala besar dalam tradisi Maulid Nabi. Karena terkandung niat baik di dalamnya, yaitu untuk mengagungkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Bahkan Maulid Nabi bisa menjadi sarana dakwah dan menandingi perayaan-perayaan lain yang diisi kemungkaran. 

Perayaan Maulid Nabi di Umroh.com

Setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca sholawat sebagai bentuk kecintaan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW saat Maulid Nabi tiba. Tentu saja tak hanya sholawat, banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan, misalnya berangkat umroh bersama keluarga ataupun kerabat. Nah, tak perlu khawatir! Karena umroh.com akan membantu Anda mengisi peringatan Maulid Nabi dengan hal yang positif.

Umroh.com, sebagai online marketplace khusus perjalanan umroh yang terpercaya ingin turut memeriahkan perayaan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi dalam program Special Deal Maulid Nabi ini akan berlangsung dari 1 November hingga 30 November 2019. Periode keberangkatan untuk promo Special Deal Maulid Nabi jatuh pada bulan Februari dan Maret 2020. 

Baca juga: Bukan Lagi Mimpi, Begini 4 Cara Menabung Umroh!

Program Special Deal Maulid Nabi

Dalam program Special Deal Maulid Nabi, jamaah bisa segera berangkat ibadah umroh dengan harga paket Rp 18,9 juta. Para jamaah hanya tinggal membayar down payment (DP) sebesar Rp 10 juta. Tentunya, dengan harga yang pas di kantong, fasilitas yang Anda dapatkan juga tak kalah bagusnya.

Banyak promo dan fasilitas menarik yang bisa Anda dapatkan jika membeli paket umroh di program Special Deal Maulid Nabi dari penerbangan Jakarta – Madinah PP, Hotel Odst Al Madinah di Madinah hingga Hotel Dar Al Khalil Al Rushad di Mekkah.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Dengan harga 18jutaan, Anda juga bisa mendapatkan visa umroh, city tour Mekkah dan Madinah, Muthawif, makan sebanyak 3x sehari, air zam-zam sebanyak 5 liter, transportasi bus, dan perlengkapan umroh.

Jamaah yang memilih special paket umroh ini akan diberangkatkan dari Bandar Udara Soekarna Hatta, Tangerang. Untuk biaya tiket penerbangan di luar Jakarta tidak termasuk ke dalam harga paket tersebut.

Ayo tunggu apalagi? Rayakan kebahagiaan Maulid Nabi dengan mewujudkan impianmu berangkat ke tanah suci bersama Umroh.com. Dapatkan berbagai keuntungan dan fasilitas terbaik special dalam promo Special Deal Maulid Nabi hanya di Umroh.com. Eits, promo ini berlaku dari tanggal 1 November 2019 hingga 30 November 2019 lho! Dan tanggal pemberangkatan dimulai dari Februari 2020.

Umroh.com juga menyediakan berbagai paket umroh lebih dari 100 travel umroh terpercaya di Indonesia. Bersama Umroh.com Anda sudah tidak perlu khawatir lagi tertipu, karena kami pastinya sudah mengantongi izin resmi Kementerian Agama. Banyaknya pilihan paket dan travel umroh memudahkan Anda untuk dalam menjalankan ibadah umroh Anda.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket umroh di Umroh.com dan promo-promo lainnya bisa mengunjungi website kami di https://umroh.com/ atau melalui aplikasi Umroh.com yang dapat Anda download di google play, serta bisa langsung menghubungi customer service kami di 0852-1800-5011. 

*Syarat dan Ketentuan Berlaku


Facebook Comments