1
Serba-serbi Ramadhan

Ini Rukun Sholat Tarawih yang Wajib Kita Ketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Selama puasa Ramadhan, kita juga akan menghiasi malam dengan melaksanakan sholat tarawih. Namun, kamu tau tidak rukun sholat tarawih apa saja? Untuk diketahui, sholat tarawih adalah sholat yang hukumnya sunnah berdasarkan kesepakatan para ulama. Sholat tarawih merupakan sholat malam atau di luar Ramadhan disebut juga dengan dengan sholat tahajud.

Sholat tarawih merupakan ibadah yang utama di bulan Ramadhan untuk mendekatkan diri pada Allah Ta’ala. Ibnu Rajab rahimahullah dalam Lathoif Al Ma’arif berkata, “Ketahuilah bahwa seorang mukmin di bulan Ramadhan memiliki dua jihadun nafs (jihad pada jiwa) yaitu jihad di siang hari dengan puasa dan jihad di malam hari dengan sholat malam. Barangsiapa yang menggabungkan dua ibadah ini, maka ia akan mendapati pahala yang tak hingga.”

Baca juga : Perlu Tahu! Ini Mimpi Menurut Islam dan Pandangannya

Rukun Sholat Tarawih

Untuk dapat memaksimalkan sholat tarawih, yuk kita sama-sama pelajari rukun sholat tarawih di bawah ini!

1. Salam Setiap Dua Raka’at

Para pakar fiqih berpendapat bahwa sholat tarawih dilakukan dengan salam setiap dua raka’at. Karena tarawih termasuk sholat malam. Sedangkan sholat malam dilakukan dengan dua raka’at salam dan dua raka’at salam. Dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى

“Sholat malam adalah dua raka’at dua raka’at.”

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Istrihat Tiap Selesai Empat Raka’at

Para ulama pun sepakat tentang di syariatkannya istirahat setiap melaksanakan sholat tarawih empat raka’at. Inilah yang sudah turun temurun dilakukan oleh para salaf. Namun tidak mengapa kalau tidak istirahat. Dan juga tidak di syariatkan untuk membaca do’a tertentu ketika melakukan istirahat. Inilah pendapat yang benar dalam madzhab Hambali.

webinar umroh.com

Dasar dari hal ini adalah perkataan ‘Aisyah yang menjelaskan tata cara sholat malam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 raka’at, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 raka’at lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya.”

Yang dimaksud dalam hadits ini adalah sholatnya dua raka’at salam, dua raka’at salam, namun setiap empat raka’at ada duduk istrirahat.

3. Surat yang Dibaca Ketika Sholat Tarawih

Mengenani hal ini, tidak ada riwayat mengenai bacaan surat tertentu dalam sholat tarawih yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, surat yang dibaca boleh berbeda-beda sesuai dengan keadaan.

Lalu, Imam dianjurkan membaca bacaan surat yang tidak sampai membuat jama’ah bubar meninggalkan sholat. Seandainya jama’ah senang dengan bacaan surat yang panjang-panjang, maka itu lebih baik berdasarkan riwayat-riwayat yang telah disebutkan.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Meski demikian, ada anjuran dari sebagian ulama semacam ulama Hanafiyah dan Hambali untuk mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan dengan tujuan agar manusia dapat mendengar seluruh Al Qur’an ketika melaksanakan sholat tarawih.

4. Mengerjakan Sholat Tarawih Bersama Imam Hingga Selesai Sholat

Umroh.com merangkum, sudah selayaknya bagi makmum untuk menyelesaikan sholat malam hingga imam selesai. Dan kuranglah tepat jika jama’ah bubar sebelum imam selesai. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Siapa yang sholat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Jika imam melaksanakan sholat tarawih ditambah sholat witir, makmum pun seharusnya ikut menyelesaikan bersama imam. Itulah yang lebih tepat.

Keutamaan Sholat Tarawih

Sholat tarawih dapat mengampuni dosa-dosa yang telah lewat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh Imam Nawawi (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6:39). Hadits ini memberitahukan bahwa sholat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat dilakukan karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya (Fathul Bari, 4:251).

Imam Nawawi menjelaskan, “Yang sudah ma’ruf di kalangan fuqoha bahwa pengampunan dosa yang dimaksudkan di sini adalah dosa kecil, bukan dosa besar. Dan mungkin saja dosa besar ikut terampuni jika seseorang benar-benar menjauhi dosa kecil.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6:40)

rukun sholat tarawih

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah rukun sholat tarawih yang dapat kita ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan banyak kebaikan.