1
Muslim Lifestyle

Lakukan Sunnah Hujan Ini Agar Mendapat Rahmat Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Kehidupan tanpa adanya hujan tak akan memberikan kita air yang cukup dalam menjalani hidup. Karenanya kita harus bersyukur dengan hujan yang Allah SWT berikan. Dalam surat Al Wa’qiah ayat 56, Allah Ta’ala berfirman,

أَفَرَأَيْتُمُ الْمَاءَ الَّذِي تَشْرَبُونَ (68) أَأَنْتُمْ أَنْزَلْتُمُوهُ مِنَ الْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ الْمُنْزِلُونَ (69)

Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?” (QS. Al Waqi’ah [56] : 68-69)

Hujan merupakan sebuah rahmat dari Allah SWT yang turun ke bumi untuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Karena itulah hujan mendatangkan pahala bagi siapapun yang melakukan amalan sunnah saat hujan turun. Ini amalannya!

Baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Loh Fungsi Hujan Menurut Al Quran

Sunnah Hujan

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat hujan turun agar mendatangkan pahala dan kebaikan bagi kita semua. Salah satunya adalah dengan membaca doa.

1. Membaca Doa Saat Hujan Turun

Kita merupakan hamba Allah yang senantiasa butuh akan kekuatan Allah SWT. Karena itulah kita patut bersyukur saat hujan turun dengan membaca doa, “Allahumma Shoyyiban Nafi’an” yang artinya, “Yaa Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat“

Hal tersebut juga terdapat dalam riwayat Bukhari, dari ‘Aisyah Radiallahu anha bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat hujan mengucapkan, “Allahumma Shoyyiban Nafi’an” yang memiliki arti “Yaa Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari)

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Mengapa demikian? Karena hujan bisa menjadi manfaat dan keberkahan namun juga bisa menjadi petaka dan musibah. Bisa jadi hujan yang turun sedikit di tempat yang kering menjadi hujan yang bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Oleh karena itu hendaknya kita meminta agar Allah SWT menurunkan hujan yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan kita. Maka ketika kita berdo’a dengan do’a tersebut, maka kita telah turut menyelamatkan kaum muslimin dari bencana karena air yang turun berlebihan sehingga menjadikan hujan yang turun sebagai rahmat dan manfaat.

2. Membasuh Diri dengan Air Hujan

Sewaktu kecil kita mungkin sering merengek meminta mandi hujan. Tapi sekarang malah jarang melakukannya kecuali kalau memang kehujanan. Padahal ternyata itu merupakan Sunnah Rasulullah SAW. Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata :

“Pada suatu pagi ketika kami bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kemudian turunlah hujan, maka beliau menyibakkan pakaiannya sampai (badan beliau) terkena hujan. Maka kami mengatakan : wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan ini? Beliau menjawab : karena ini merupakan jawaban dari janji Allah ta’ala.” (H.R. muslim)

Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan :

“Makna dari hasr dan kasyf adalah menyibakkan sebagian (pakaian yang menutup) tubuh beliau, dan makna al-‘ahdu birabihi ialah hujan itu adalah buatan-Nya, dan sesungguhnya hujan itu adalah rahmat dan janji yang allah wujudkan diantara hamba-Nya.”

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Berdoa ketika turun hujan

Umroh.com merangkum, hal Sunnah selanjutnya yang sebaiknya kita lakukan saat turun hujan adalah berdoa kepada Allah SWT yang Maha Mengabulkan doa. Karena salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat turun hujan. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW,

“Dua (waktu) yang tidak ditolak do’anya : Do’a ketika adzan (setelahnya), dan do’a ketika hujan” (Shohih Al-Jami’)

4. Berdoa saat hujan berhenti

Tak hanya saat hujan, saat hujan berhenti pun kita juga disunnahkan untuk membaca doa agar mendapat kebaikan yang sempurna. Ketika hujan telah selesai turunpun kita dianjurkan untuk berdo’a. Kita mengatakan:

“Kita mendapatkan hujan karena fadhilah dari allah dan rahmat-Ny.”

Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Kita mendapatkan hujan karena fadhilah dari allah dan rahmat-Nya, oleh karenanya kita beriman kepadaku dan telah kufur kepada bintang-bintang.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengambil berkah saat turun hujan. Hal itu dilakukan dengan menyingkap bajunya hingga terguyur air hujan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata “Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan ‘Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?’ Kemudian, Rasulullah bersabda ‘Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

Itulah Sunnah yang dapat kita lakukan saat hujan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan banyak kebaikan. Aamiin!