1
Muslim Lifestyle

Terungkap! Ternyata Ini Loh Fungsi Hujan Menurut Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Indonesia kini sudah memasuki musim penghujan. Di sejumlah wilayah hujan turun bahkan sampai berjam-jam. Allah SWT tidak menciptakan sesuatu tanpa fungsi dan manfaat. Seperti itulah hujan yang turun juga memiliki fungsi sebagaimana yang tertulis dalam Al Quran. Berikut fungsi hujan menurut Al Quran yang wajib diketahui.

Bisa dikatakan ayat dalam Al Qur’an cukup banyak membahas mengenai fenomena hujan ini. Sebagaimana yang tersurat dalam QS. Ar Ra’d ayat 12,

هُوَ الَّذِي يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنْشِئُ السَّحَابَ الثِّقَالَ

Dialah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung.” (Qs. Al-Ra’d: 12)

Baca juga: Begini 6 Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Hambanya

Dalil Hujan dalam Al Quran

Setelah langit yang mendung akan lanjut ke proses turunnya air hujan sebagaimana tersurat dalam QS. Al Qamar ayat 11,

فَفَتَحْنَا أَبْوَابَ السَّمَاءِ بِمَاءٍ مُنْهَمِرٍ

 “Maka Kami bukakan pintu-pintu langit dengan (menurunkan) air yang tercurah.” (Qs. al-Qamar: 11)

webinar umroh.com

Umroh.com merangkum, dalam surat Furqan ayat 50, Allah akan menghendaki hujan dimanapun manusia itu berada, mereka aan mendapatkan gilirannya.

Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)” (QS. Furqan:50)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Fungsi Hujan Menurut Al Quran

Tak hanya itu, keberadaan hujan juga memiliki fungsi dan kegunaan bagi umat manusia di bumi. Maka dari itu, kita tak boleh mengeluh apabila hujan turun. Ini fungsi hujan!

1. Hujan adalah rahmat

Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT sebagaimana dalam firman Allah di surat Al A’raf ayat 57,

Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu …” (Qs. Al-A’raf: 57)

Dalam ayat lain Allah SWT juga berfirman,

 “Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. ” (Qs. Asy-Syuura: 28)

2. Hujan menumbuhkan pohon dan tanaman

Pohon dan tanaman lainnya tak dapat tumbuh tanpa adanya kuasa Allah dan air yang menyuburkannya. Meski tanpa bantuan manusia, Allah SWT akan menurunkan hujan sebagai rahmat untuk pohon dan tanaman.

Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam” (QS Qaf:9)

3. Hujan sebagai alat bersuci

Allah SWT telah menyucikan air hujan sehingga dapat digunakan untuk bersuci karena air hujan termasuk ke dalam jenis air yang bersih. Sebagaimana dalam surat Furqan ayat 48 Allah SWT berfirman,

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih” (Qs. al-Furqan:48)

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Hujan bisa menghilangkan gangguan syaitan

Hal tersebut mungkin membuatmu kaget tetapi Allah SWT berfirman dalam surat Al Anfal ayat 11,

 “…dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan…” (Qs. al-Anfal: 11)

5. Hujan adalah sumber kehidupan bagi manusia dan binatang

Kita semua tau bahwa air merupakan sumber kehidupan alam semesta ini. Tanpa air, tak akan ada manusia, hewan, tumbuhan yang bias hidup. Hal tersebut tertuang dalam surat Furqan ayat 49,

Agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak” (Qs. al-Furqan: 49)

6. Hujan menghidupkan sebuah negeri yang mati

Negeri yang mati berarti suatu negeri yang kering kerontang. Dengan air, suatu negeri akan kembali hidup karena manusia butuh air, hewan butuh air dan tumbuhan butuh air.

Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati” (Qs. Az-Zukhruf: 11)

7. Hujan juga bisa menjadi musibah bagi kaum yang ingkar

Sebagai seorang muslim, semasa kecil kita pasti pernah diceritakan bagaimana kaum Nabi Nuh yang habis karena banjir bandang. Hal serupa juga terjadi pada kaum Nabi Hud (Kaum Aad)

Dan difirmankan, “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan air pun disurutkan, perintah pun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.” (Qs. Hud:44)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah fungsi hujan menurut Al Quran yang bisa menjadi rahmat bagi alam semesta, namun bisa juga menjadi musibah bagi makhluk yang ada di bumi. Karena itulah kita harus senantiasa taat kepada Allah SWT agar hujan dating sebagai rahmat, bukan musibah.