play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Tata Cara Sholat Jamak Beserta Waktu Pembagiannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com –Bagi setiap muslim, sholat termasuk pada rukun Islam yang ke 2 yang dimana setiap individunya diwajibkan untuk sholat 5 waktu dan melaksanakannya tanpa alasan apapun. Kecuali kaum wanita, dimana dia mendapatkan keringanan berupa menstruasi sehingga tidak diperbolehkan untuk sholat, hingga selesai menstruasi tersebut dan bersuci. Namun meskipun bersifat wajib dalam melakukan sholat Allah SWT memudahkan umatnya dalam melaksanakan sholat 5 waktu. Anda bisa Mempelajari tata cara sholat jamak supaya bisa melakukannya.

Seperti bila kamu sedang dalam kondisi sakit, maka terdapat cara-cara yang mudah bagi orang sakit. Dan apabila kamu sedang berpergian maka kamu bisa melakukan sholat dengan cara menjamak sholat tersebut, maka dengan begitu tidak akan ada alasan untuk kamu meninggalkan sholat.

Baca juga : Tayamum di Pesawat, Bolehkah? Ini Ketentuannya!

Pengertian Sholat Jamak

Sholat jamak adalah mengumpulkan dua sholat dalam satu waktu. Contohnya, pada sholat zuhur dilaksanakan pada waktu ashar. Hal ini dapat dilakukan jika seseorang tersebut terdesak atau sedang dalam perjalanan yang tidak ada tempat pemberhentian sehingga tidak bisa melakukan sholat dzuhur, maka bisa melakukan sholat jamak pada saat sholat ashar. Caranya, setelah masuk waktu ashar lakukanlah sholat dzuhur terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan sholat ashar.

Adapun sholat – sholat yang bisa dijamak yakni dzuhur dijamak dengan ashar, dan sholat maghrib dijamak dengan isya. Sementara untuk sholat subuh tidak bisa dijamak dengan sholat apapun.

Umroh.com merangkum, dalam hadits Bukhari dan Muslim juga telah diterangkan mengenai waktu sholat jamak “Rasulullah apabila ia bepergian sebelum matahari tergelincir, maka ia mengakhirkan sholat dzuhur sampai waktu ashar, kemudian ia berhenti lalu menjamak antara dua sholat tersebut, tetapi apabila matahari telah tergelincir (sudah masuk waktu dzuhur) sebelum ia pergi, maka ia melakukan sholat dzuhur (dahulu) kemudian beliau naik kendaraan (berangkat).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Pembagian Sholat Jamak

dalil puasa daud

Cara menjamak sholat fardhu dapat dilaksanakan dengan dua cara yaitu :

1. Jamak Takdim

Sholat ini merupakan jamak yang didahulukan, yaitu dengan cara menjamak dua sholat pada waktu yang pertama. Jika kamu akan sedang menjamak sholat dzuhur dan ashar, maka cara menjamak sholat fardhu tersebut ia dilaksanakan pada waktu dzuhur. Hal ini dilakukan pula dengan sholat 4 rakaat dzuhur kemudian 4 rakaat ashar, seperti sedang melakukan sholat fardhu seperti biasanya, hanya saja waktunya yang berubah. Lalu untuk cara menjamak sholat maghrib dan isya pada jamak takdim yaitu berada pada waktu maghrib. Dengan melakukan 3 rakaat untuk maghrib dan 4 rakaat untuk sholat isya.

2. Jamak Takhir

Untuk sholat jamak takhir dilakukan pada waktu sholat kedua. Hal ini tentu kebalikan dari sholat jamak takdim. Namun kamu bisa tetap melakukan urutan sholat seperti biasanya, yaitu mengurutkan sholat pertama terlebih dahulu, meskipun kamu melakukan diwaktu yang kedua.

Ingin Umroh dengan paket terbaik? dapatkan hanya di Umroh.com!

Syarat Melakukan Sholat Jamak

Berikut merupakan syarat yang harus kamu ketahui ketika hendak melakukan sholat jamak :

  1. Kamu sedang dalam perjalanan yang jauh minimal 80 km
  2. Tidak memiliki niatan untuk bermukin melebihi dari 4 hari.
  3. Perjalanan yang sedang kamu lakukan tidak untuk tujuan maksiat
  4. Sedang dalam keadaan khawatir atau ketakutan, seperti sedang sakit, hujan badan, angina topan atau becana alam maupun sedang perang.
  5. Ada udzur yang mendesak, contohnya akan melakukan operasi atau pemeriksaan dokter.
  6. Tidak berimamkan imam yang sempurna rakaatnya.
  7. Masih dalam keadaan musafir ketika mengerjakan sholatnya.

Tata Cara Sholat Jamak Takdim dan Takhir

doa terlanjur ghibah

Berikut merupakan tata cara sholat fardhu yang dijamak, untuk jamak takdim pada sholat fardhu dzuhur dan ashar:

  • Niat sholat dzuhur dengan jamak takdim “Saya niat sholat dzuhur empat rakaat dan digabungkan dengan sholat ashar dengan jamak takdim karena Allah ta’ala”
  • Takbirotul ikhram “Allahuakbar”
  • Lalu sholat dzuhur seperti biasanya dengan empat rakaat.
  • Terakhir adalah salam
  • Ketika sudah mengerjakan sholat jamak dzuhur maka berdiri lagi untuk melakukan sholat ashar dengan niat jamak takdim “Saya niat sholat ashar empat rakaat dan digabungkan dengan sholat dzuhur dengan jamak takdim karena Allah ta’ala”
  • Takbiratul ikhram
  • Lalu sholat ashar empat rakaat seperti biasanya.
  • Salam setelah melakukan salam pada sholat yang pertama diharuskan untuk langsung berdiri. Tidak boleh diselingi dengan kegiatan apapun, baik itu bedzikir ataupun berdoa apabila berbicara dengan orang lain, maka tidak diperbolehkan

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Cara menjamak sholat untuk sholat jamak takhir juga serupa dengan sholat jamak takdim yaitu :

  • Berniat untuk menjamak sholat maghrib dengan jamak takhir “saya niat sholat maghrib 3 rakaat dan digabungkan dengan sholat isya dengan jamak takhir karena Allah ta’ala”
  • Takbiratul ikhrom
  • Sholat maghrib tiga rakaat seperti biasanya.
  • Salam
  • Berdiri kembali untuk sholat isya dengan niat jamak takhir “Saya niat sholat isya empat rakaat dan digabungkan dengan sholat maghrib dengan jamak takhir karena Allah ta’ala.”
  • Takbiratul ikhram
  • Sholat isya empat rakaat seperti biasanya
  • Salam

Facebook Comments