1
Muslim Lifestyle

Tips Suami Berdakwah Dalam Memuliakan Istri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Tentu setiap pasangan ingin memiliki hubungan yang mesra seperti di film. Dalam menjalin hubungan, untuk mendapatkan pasangan dan untuk menjadi yang setia tidaklah mudah. Alangkah baiknya jika anda meniru apa yang sudah dipraktikan oleh Rasulullah SAW dalam tips suami berdakwah pada suri tauladannya. Rumah Tangga Nabi Muhammad SAW selalu dipenuhi dengan cinta dan berkah.

Rasulullah selalu menjadi hubungan yang baik dengan sang istri walaupun di tengah – tengah kesibukan mengurus umat. Salah satu hal yang ditunjukkan oleh beliau adalah selalu menggunakan gelas yang sama ketika minum air setelah Aisyah. Selain itu juga Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengesampingkan para istri beliau dan selalu melakukan undian supaya berlaku adil. Masih ada hal yang bisa Anda tiru dari Rasulullah SAW dalam memuliakan istri, antara lain :

Baca Juga : Kewajiban Suami Sesuai dengan Al Quran dan Hadist

Kenali Tips Suami Berdakwah Nabi Muhammad SAW Kepada Istri :

1. Kontak Fisik

Pertama adalah adanya kontak fisik dengan istri. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu dengan memberikan belaian ringan hingga singgah ke kamar masing – masing dari istrinya. Hal ini patut ditiru oleh para suami dalam memberikan kasih sayang yang lembut dan juga rasa cinta yang membuatnya senang.

2. Pengertian

Ketika Rasulullah sedang bepergian jauh untuk melakukan dakwah sampai larut malam, tidur di depan pintu dengan menggunakan sorban beliau sebagai bantal dan kain tipis sebagai alasnya. Hal itu dilakukan supaya sang istri tidak terbangun dalam tidurnya. Kisah tersebut. Kisah tersebut merupakan hal yang bisa anda tiru dan bukti bahwa Nabi Muhammad SAW begitu sangat memuliakan para istrinya.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Mendengarkan Keluh Kesal

Rasulullah merupakan salah satu pendengar yang baik. Hal itu juga juga sudah ia terapkan ketika sudah mendapatkan wahyu untuk menyebarkan agama islam dan mengurus umat. Sebuah hadis berkata bahwa Rasulullah adalah orang paling lembut dan banyak menemani istrinya yang sedang mengadu atau sakit. Sehingga dengan begitu pun istri beliau akan merasa nyaman menceritakan apapun kepadanya.

4. Memiliki Aktivitas Bersama

Selanjutnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah melakukan aktivitas bersama dengan istri. Walaupun itu adalah aktivitas pribadi dan tidak melibatkan orang lain, selama itu masih dalam jangkauan dan penjagaannya Rasulullah pada ajak istrinya. Seperti yang disampaikan “Aisyah pernah mandi dari jinabat bersama Rasulullah dengan satu tempat air, tangan kami selalu bergantian mengambil air, dan tangan kami bersentuhan”

5. Tenang dalam Menghadapi Istri Marah

Pernah terjadi sebuah kondisi dimana Aisyah dengan marah kepada Nabi Muhammad SAW  berkata bahwa Khadijah ialah wanita yang tua dan dirinya jauh lebih cantik. Hal itu dikarenakan Aisyah memang terkenal sebagai istri Rasulullah yang paling besar rasa cemburunya. Tapi apakah Rasulullah memarahinya/? Tidak, justru beliau hanya berusaha untuk tetap sabar dan juga lebih memahami sifatnya itu.

Jadilah tamu Allah SWT dengan melaksanakan Ibadah Umroh di paket di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Memberikan Hadiah

Umroh.com merangkum, dengan memberikan hadiah kepada istri anda. Hal ini bisa anda lakukan ketika istri anda sedang berulang tahun. Namun, alangkah baiknya jika anda tidak hanya memberikan hadiah yang istri inginkan dengan memberikan ketika reward tertentu. Seperti yang sudah dilakukan Rasulullah ketika berusaha untuk menyenangkan istri. Walaupun sederhana, tapi bisa memuliakan istri.

7. Nyaman

Dari yang bisa ditiru dari Nabi Muhammad SAW adalah dengan memberikan rasa nyaman kepada istri. Contohnya dengan menyiapkan tempat duduk yang empuk dan juga nyaman untuk salah satu istrinya, Shafiyyah. Kemudian untuk menaiki unta, Rasulullah SAW sengaja meluruskan dan menegakkan lututnya. Itu salah satu hal yang bisa ditiru untuk diterapkan kepada sang istri, yang penting mampu memberikan kenyamanan untuk istri.

8. Memiliki Panggilan Tertentu

Dan yang terakhir adalah dengan memiliki panggilan sayang tersendiri untuk sang istri. Seperti yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW memanggil Aisyah dengan sebutan ” Ya Humaira “. Dari kata tersebut memiliki makna yang berarti pipi yang kemerahan. Dari sisi sang istri pun juga harus senang dengan panggilan tersebut. Sehingga ke harmonisan dalam rumah tangga akan terasa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Semua pasangan tentu mengharapkan bisa menjadi keluarga sakinah mawadah dan warahma. Serta selalu diberikan keberkahan pada setiap yang di dapatkan dengan menerapkan tips suami berdakwah. Rasulullah SAW pernah berkata ” Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Lelaki yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya “