play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Haji Umroh Umroh & Haji

Ini Alasan Utama Harus Melaksanakan Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Di Indonesia mayoritas penduduk nya ialah seorang muslim. Setiap seorang muslim tentunya sangat bercita – cita melaksanakan pergi haji maupun umroh. Umumnya masyarakat Indonesia lebih memilih untuk menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu dikarenakan ibadah haji yang harus menunggu kuota yang cukup lama yaitu sekitar 15 sampai 20 tahun lamanya.

Baca juga: Mengesankan, Ini Gambaran Perjalanan Umroh Plus Wisata Turki

Bagi sebagian masyarkat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah umroh adalah suatu perjalanan ibadah istimewa. Tak heran jika peminat ibadah umroh sangat lah banyak.  

Perlu anda ketahui bahwa ibadah umroh bukan hanya diperuntukan bagi orang – orang yang mampu saja. Tapi yakinlah bahwa Allah swt akan memampukan orang-orang yang terpanggil untuk berumroh. Untuk bisa menjadi yang terpanggil tentunya niat saja tidak cukup. Anda Harus mengiringi nya dengan keinginan yang kuat , berdoa setiap waktu, dan ditambah dengan tindakan atau usaha kita dalam mewujudkannya.

alasan melaksanakan umroh
source: shutterstock

Umroh.com merangkum, dalam melaksanakan ibadah umroh biasanya ada beberapa faktor penghambat yang membuat tidak segeranya seseorang berangkat berumroh diantaranya ialah :

  • Banyak orang yang mampu tetapi tidak sempat.
  • Ada yang sempat tetapi ia tidak mampu.
  • Ada lagi yang sempat dan mampu tetapi tidak sehat.
  • Ada juga yang mampu, sempat dan sehat tetapi harus menunggu 15 – 20 tahun lagi.
  • Ada yang mampu, sempat dan sehat tetapi hatinya tidak tergerak untuk berumroh.

Baca juga: Jadwal Sholat Terlengkap untuk Daerah Anda Ada di Sini

Jika anda termasuk golongan umat muslim yang menunda atau mengenyampingkan ibadah umroh. Sebaiknya anda wajib baca keutamaan yang akan anda dapatkan jika anda melaksanakan ibadah umroh diantaranya ialah :

  1. Umroh adalah Jihad seperti Ibadah Haji

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَة

Aisyah bekata, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

alasan melaksanakan umroh
source: shutterstock

Menghapus Dosa Diantara Dua Umrah

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُإِلَىالْعُمْرَةِكَفَّارَةٌلِمَابَيْنَهُمَا،وَالْحَجُّالْمَبْرُورُلَيْسَلَهُجَزَاءٌإِلاَّالْجَنَّةُ

“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

alasan melaksanakan umroh
source: shutterstock

Menghilangkan Kefakiran dan Menghapus Dosa

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوابَيْنَالْحَجِّوَالْعُمْرَةِفَإِنَّهُمَايَنْفِيَانِالْفَقْرَوَالذُّنُوبَكَمَايَنْفِىالْكِيرُخَبَثَالْحَدِيدِوَالذَّهَبِوَالْفِضَّةِ

وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Ibadah mulia ini pun dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat baik tatkala beliau masih hidup atau pun ketika sudah tiada. Ini pun menunjukkan kemuliaan ibadah tersebut.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang yang senantiasa bisa menjalankan ibadah yang diperintahkan oleh Allah swt. Dan Semoga Allah memudahkan kita semua untuk menunaikan ibadah umroh yang mulia ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Ayat Tentang Haji dan Umroh

Facebook Comments