1
Doa

Ini 6 Hal Penting Tentang Sholat Dhuha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat sunnah sangat baik jika dilakukan secara istiqomah. Amalan sholat sunnah bisa menyempurnakan amalan sholat wajib yang bisa jadi banyak kekurangan. Sholat wajib merupakan amalan yang pertama kali dihisab. Mereka yang memiliki amalan sholat sunnah akan berkesempatan menutupi kekurangan amalan sholat wajibnya.

Baca juga: Bacaan Al Quran Lengkap Ada di Sini

Dilaksanakan Saat Pagi Hari

Waktu pelaksanaan ketika matahari mulai naik. Bukan berarti sholat dhuha dilaksanakan saat matahari terbit. Para ulama memberi perkiraan waktu mulai adalah sekitar 15-20 menit setelah matahari mulai terbit. Sementara batas akhir waktu saat matahari tegak lurus tepat di atas kepala.

Dalam zona waktu Indonesia Barat, sholat dhuha bisa dilaksanakan sekitar pukul 06.00 WIB hingga sebelum pukul 11.30. Sebuah hadist menyatakan waktu terbaiknya adalah saat anak unta mulai merasakan terik matahari. Karena itu, kita bisa memperkirakan waktu terbaiknya sekitar pukul 09.00-11.00 WIB. Tentunya perkiraan ini disesuaikan dengan lokasi Anda berada. Waktu munculnya matahari bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Melihat waktu yang dilaksanakan di pagi hari, amalan ini bisa menjadi ibadah untuk memulai aktivitas seharian. Rutin mengerjakan sholat dhuha bisa membuat kita selalu dimudahkan Allah dalam setiap aktivitas sepanjang hari.

Baca juga: Anda Bisa Lakukan Sholat Dhuha di Tempat Terindah Ini

Diwasiatkan Rasulullah

Hukum dari sholat dhuha adalah sunnah muakkad (sholat sunnah yang sangat dianjurkan). Rasulullah rutin melakukan dan berpesan kepada umat untuk selalu melaksanakannya.

pengertian sholat dhuha

Abu Hurairah menuturkan, “Kekasihku, Rasulullah, memberi wasiat kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah kutinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan tidak tidur sebelum sholat witir”.

webinar umroh.com

Menggantikan Sedekah Tiap Persendian

Sholat sunnah ini merupakan sarana bagi persendian kita untuk bersedekah. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Dzar, Rasulullah bersabda, “Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf nahi munkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat”.

Memberi Banyak Manfaat

Sholat Dhuha Dikenal juga sebagai sarana khusus untuk memohon rezeki. Karena memang banyak fadhilah yang berkaitan dengan limpahan rezeki dari Allah.

Sholat dhuha akan memberi kecukupan bagi siapa saja yang melaksanakannya. Dalam sebuah hadist, Rasulullah berkata bahwa Allah memerintahkan manusia untuk melaksanakan empat rakaat sholat di pagi hari.

Dalam hadist tersebut, Allah berjanji akan mencukupkan rezeki mereka yang melaksanakan sholat dhuha. Hingga akhir siang, rezeki akan dicukupkan oleh Allah. Menurut para ulama, kalimat “dicukupkan rezeki” yang dimaksud adalah kemudahan dalam segala hal, termasuk mendapat rezeki, terhindar dari dosa, terhindar dari bahaya, dan diampuni dosa-dosanya.

pengertian sholat dhuha

Melaksanakan sholat ini juga membuat kita mendapatkan keuntungan besar. Keuntungan besar itu diibaratkan sebagai harta ghanimah yang paling banyak. Akan tetapi, manfaat ini hanya bagi mereka yang sholat di masjid. Bukan hal yang mudah dilaksanakan, karena pagi hari adalah waktu paling sibuk bagi setiap orang. Kita harus memilih antara melakukan aktivitas rutin yang menjadi tanggungjawab, atau menyisihkan waktu sebentar untuk melangkah ke masjid dan melaksanakan sholat dhuha.

Oleh karena itu, tidak heran mereka yang melaksanakannya diibaratkan sedang berperang dan akan diganjar dengan ghanimah (harta rampasan perang) yang paling banyak. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, dan kembalinya lebih cepat”.

Baca juga: Manfaat dari Sholat Dhuha

Menjadi Jalan Diampuninya Dosa

Selain memberi banyak manfaat dalam hal rezeki dan kecukupa juga bisa menjadi salah satu jalan diampuninya dosa-dosa. Bahkan jika dosa kita sebanyak buih di lautan.

Dalam sebuah hadist yang berasal dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda bahwa barangsiapa menjaga sholat dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan. 

Dilaksanakan Minimal Dua Rakaat

Untuk melaksanakannya sama dengan sholat sunnah yang lain. Jumlah rakaat minimal dua rakaat, dan jumlah maksimal menurut para ulama ialah 12 rakaat.

Melaksanakan lebih dari dua rakaat tentu lebih baik. Jika ingin mendapat keberkahan yakni dengan memperbanyak jumlah rakaat, kita bisa melaksanakannya secara dua rakaat – salam, dua rakaat – salam. 

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.