play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Haji Umroh & Haji

Lakukan Amalan Ini Setelah Melaksanakan Ibadah Haji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ibadah haji merupakan salah satu penyempurna rukun islam yang ke lima. Bagi setiap umat islam bisa berkunjung ke tanah suci merupakan suatu kebahagiaan dan rasa syukur yang tak ternilai harganya. Selama saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci, para jamaah akan menjalankan beberapa rangkaian proses ibadah haji mulai dari berihram dan ditutup dengan  melakukan tawaf wada sebagai tanda selesainya ibadah haji.

Baca juga: Ayat Tentang Haji dan Umroh di Al Quran

Saat semua urusan ibadah haji dan hal-hal lain di tanah suci telah selesai, para jamaah pun akan kembali ke tanah airnya masing-masing untuk berkumpul kembali bersama keluarga, saudara, dan kerabat dekat. Rasa tak sabar, bahagia, dan bangga akan sangat terasa bagi para jamaah yang akan kembali pulang dan berkumpul bersama.

Baca juga: Sebelum Pergi Haji, Anda Bisa Lakukan Ibadah Umroh Dulu, Caranya di Sini

Ada beberapa amalan sederhana yang bisa Anda lakukan usai ibadah haji, diantaranya ialah:

1. Sholat sunnah qudum

Sholat sunnah qudum dilakukan sebanyak 2 rakaat saja. Maksud menjalankannya sholat sunnah qudum setelah pulang berhaji ini ialah apabila Anda melakukan perjalanan dan sampai ditujuan dengan selamat maka Anda disunnahkan untuk melakukan sholat sunnah qudum dengan bacaan niat usholli sunnatal Qudumi rok’ataini lillahi ta’ala yang artinya saya sengaja sholat qudum dua rakaat karena Allah taala.

amalan setelah ibadah haji
source: shutterstock.com

2. Doakan para tamu

Saat Anda tiba di rumah, sudah pasti akan ada banyak tamu yang berdatangan berkunjung untuk sekedar memberi ucapan selamat, dan ingin mendengarkan kisah atau pengalaman perjalanan Anda selama beribadah di tanah suci. Saat sedang berkumpul alangkah baik nya Anda senantiasa mendoakan para tamu yang datang berkunjung kerumah Anda. meskipun tidak ada doa khusus tentang hal ini, percayalah apabila niat baik akan dibalas kebaikan pula oleh Allah swt.

amalan setelah ibadah haji
source: shutterstock.com

3. Memotivasi orang

Saat Anda berniat untuk mendoakan para tamu dan orang – orang disekitar Anda untuk berhaji atau umroh. Ada baiknya Anda selipkan dengan motivasi yang penuh dengan semangat serta keyakinan agar masyarakat terketuk hatinya untuk mau mempersiapkan diri menjalankan ibadah haji atau umroh. Sejatinya nasihat Anda yang sudah berpengalaman daam berhaji  sungguh akan lebih di dengar ketimbang mereka harus membaca buku pengetahuan seputar haji atau umroh.

Baca juga: Tak Lupa, Baca Al Quran dan Terjemahannya Juga Setelah Umroh atau Haji

4. Menambah amalan sholeh

Ketahuilah bahwa Sepulang Anda berhaji Anda akan menjadi sorotan atau mungkin panutan bagi sebagian orang disekitar Anda. ada baiknya Anda mulai membiasakan diri untuk rajin dan senantiasa menambah amalan sholeh yang tentu sangat luas caranya. Anda Bisa lakukan dengan cara menyempurnakan sholat yang masih bolong , tilawah, sodaqoh, menjauhi maksiat dan ghibah, rajin mengunjungi masjid untuk ibadah, membantu sesama umat beragama dan masih banyak lagi.

amalan setelah ibadah haji
source: shutterstock.com

5. Menambah dengan umroh

Rasulullah saw bersabda bahwa “sertakanlah ibadah haji dengan umroh karena penyertaan keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa. Seperti hal nya terkikisnya kotoran pada besi yang dipanaskan. “ ( HR Ibnu Majah : 2887 ).

amalan setelah ibadah haji
source: shutterstock.com

Demikianlah 5 amalan sederhana yang dapat  dilakukan sepulangnya Anda dari beribadah haji. Dengan niat serta keikhlasan Anda dalam beribadah semata karena Allah swt penulis yakin sepulangnya Anda berhaji, Anda bisa menjalankan kelima amalan diatas dengan baik utamanya nomor 4. Semoga informasi diatas bisa sangat bermanfaat bagi Anda semua khususnya bagi yang sudah berhaji.

Baca juga: Hal Wajib yang Perlu Diketahui soal Haji

Facebook Comments