1
Serba-serbi Ramadhan

Tujuan Buka Puasa Bersama saat Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tujuan buka puasa bersama saat bulan Ramadhan tiba kerap dijadikan momen untuk bersilaturahmi dengan kawan lama melalui buka bersama. Beragam ajakan buka bersama mulai dari teman SD hingga geng arisan pun bermunculan.

Dalam Islam, berbuka dengan makan bersama sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan berkah. Keberkahan makan bersama-sama ini didukung oleh hadis riwayat Abu Dawud mengenai percakapan Nabi Muhammad dengan para sahabat.

Baca juga: 6 Tempat Buka Puasa di Benhill Ini Wajib Kamu Kunjungi

Tujuan Buka Puasa Bersama

Dalam hadis itu diriwayatkan para sahabat bertanya, ‘mengapa makan tidak kenyang?’

Rasulullah pun balik bertanya, ‘Apa kalian makan sendiri-sendiri?’ Para sahabat pun menjawab, ‘iya.’ Rasulullah lalu menyarankan para sahabat untuk makan bersama.

“Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua.”

Hikmah Buka Puasa Bersama

Umroh.com merangkum, sahabat Rasulullah juga pernah menyebut bahwa Rasulullah tidak pernah makan sendirian. Rasulullah juga pernah mengatakan bahwa sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan. Karena itulah tujuan buka puasa bersama memiliki ragam manfaat dan hikmah.

1. Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat yang terlihat jelas dari menjalankan buka puasa bersama baik bersama dengan teman, sahabat, rekan kerja atau kerabat lainnya tentu kegiatan ini akan mempererat tali silaturahmi yang anda jalin bersama dengan mereka. Tak heran bila ajang ini seringkali menjadi acara yang penting yang membuat koordinator pelaksana acara seringkali mewanti-wanti kehadiran kita.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Jadi Ajang Reuni

Buka puasa bersama memang selalu kental dengan ajang reuni atau bertemu dengan kawan lama. Tak heran bila acara buka bersama seringkali menjadi serangkaian acara yang banyak membuat seseorang mendapatkan undangan.

Di minggu pertama puasa anda mungkin mendapatkan undangan untuk buka bersama dengan teman SD, minggu selanjutnya hadir kembali undangan dari teman SMP dan seterusnya. Nah, mendapatkan sederetan undangan ini tidak ada salahnya untuk anda manfaatkan dengan baik.

Ajang reuni atau berjumpa dengan kawan lama tentu menjadi hal yang langka. Jadi demikian, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

3. Sarana Interaksi Positif

Selama bulan puasa umat Muslim diajarkan untuk dapat meninggalkan perbuatan yang sia-sia dan beralih kepada hal yang lebih baik serta menjalankan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Umat muslim dianjurkan untuk menambah amal perbuatan melalui tindakan sunnah yang juga bermanfaat. Untuk buka puasa bersama sendiri dapat menjadi sarana yang baik dilakukan pada saat bulan Ramadhan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buka bersama sendiri memberikan kesempatan yang besar untuk anda dan orang-orang yang terlibat didalamnya untuk dapat berbagi rezeki dan silaturahmi yang semakin kuat diantaranya.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Berbagi Rezeki

Manfaat dan hikmah lain yang bisa didapatkan dari menjalankan buka puasa bersama dengan kawan-kawan dan kerabat akan menjadi sarana untuk bisa berbagi rezeki. Hal ini dikarenakan pada umumnya acara buka bersama seringkali melibatkan acara yang cenderung lebih besar. Dimana didalamnya si pemilik rumah dituntut untuk dapat menyediakan makanan atau minuman serta menu berbuka puasa.

5. Meningkatkan Kerja Sama

Tentunya kegiatan buka bersama tidak akan langsung membuat anda dan teman-teman yang hadir lain langsung siap menyantap makanan dan minuman dengan cepat. Selalu ada waktu luang dimana anda akan menyiapkan makanan dan minuman serta menu buka puasa lainnya untuk disajikan. Nah, waktu inilah yang akan mungkin membuat orang lain pun ikut membantu anda menyajikan hidangan yang akan anda sajikan.

6. Mengisi Waktu Luang

Mengobrol atau berbincang menjelang buka bersama disadari atau tidak akan dapat membunuh kebosanan anda menanti adzan berkumandang. Hal ini berbeda ketika anda seorang diri atau hanya bersama dengan keluarga di rumah yang jarang sekali mengobrol. Meski adzan maghrib tinggal beberapa menit lagi. Namun terkadang waktu penantian terasa begitu lama dan hampir membuat anda bosan.

Berbeda halnya ketika anda mengisi waktu luang ini dengan mengobrol bersama dengan teman atau sahabat pada saat momen menanti buka bersama. Waktu akan terasa cepat dan adzan maghrib pun terasa begitu singkat. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu manfaat dan hikmah dari ikut menjalankan buka puasa bersama.

7. Menjalin Relasi yang Hampir Putus

Namanya saja teman lama, sudah pasti anda akan jarang sekali bertemu. Hal ini pun bisa mungkin membuat anda jarang sekali mendengar kabar dari teman anda yang perlahan-lahan sosoknya akan mungkin terlupakan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Namun ketika si teman mampu menyempatkan untuk datang ke acara buka bersama maka hal ini akan dapat menjadi ajang yang baik untuk anda menjalin silaturahmi kembali bersama mereka. Hal seperti ini pada umumnya lebih sering terjadi pada mereka orang-orang yang sudah bekerja. Kesibukan bekerja atau bahkan jarak yang cukup jauh yang terbentang antara mereka. Seringkali membuat kesempatan untuk bertemu sedikit sekali peluangnya.

Itulah tujuan buka puasa bersama beserta hikmahnya. Jadi jangan menghindar kalau diajak buka bersama ya!